4 Resep Membuat Getuk Sederhana Di Rumah

Getuk merupakan salah satu makanan ringan yang ditemukan di daerah Jawa. Ada beberapa resep sederhana membuat getuk yang bisa kamu coba di rumah. Praktis!
0
4 Resep Membuat Getuk Sederhana Di Rumah
0 (0%) 0 votes
cara membuat getuk

Getuk atau bahasa Jawanya ialah gethuk merupakan salah satu makanan ringan yang terbuat dengan bahan utamanya yaitu ketela pohon atau singkong. Getuk ini juga merupakan salah satu makanan yang ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tidak banyak yang tahu bahwa asal mula gethuk yang paling enak dibuat oleh Mbah Ali Gondok sekitar tahun 1940-an di Magelang. Pembuatan getuk dimulai dari singkong di kupas kemudian di kukus atau perebusan, setelah matang di tumbuk atau disebut juga dihaluskan dengan cara digiling lalu diberi pewarna dan pemanis.

 

Makanan ringan ini juga dibagi menjadi dua macam, yang pertama ada getuk biasa yang pada saat singkong sudah masak pada waktu suhu masih panas ditaburi potongan potongan kecil gula jawa sehingga berubah warna menjadi coklat yang tidak rata dan kasar. Dan yang kedua ialah Getuk Lindri, merupakan cara singkong masak digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil kecil.

 

 

Baca Juga : 4 Resep Telur Gulung Mudah dan Enak

 

Kali ini, Hello-Pet bakalan ngebahas bagaimana cara membuat getuk yang sederhana namun yang pastinya menghasilkan rasa yang sangat luar biasa. Oke, langsung aja yuk!

 

 

Resep Praktis Membuat Gethuk Ubi Ungu

 

cara membuat getuk
via cookpad.com

 

Untuk yang pertama, Hello-Pet akan mengajakmu mencoba resep membuat getuk dengan memakai ubi ungu. Bagi kamu yang suka dengan warna ungu, kamu juga pasti akan suka dengan makanan berpenampilan manis ini. Sediakan semua bahan yang kamu butuhkan untuk membuat getuk ubi ungu ini. Silakan catat semua bahannya yaitu 500 gram ubi jalar ungu, ¼ butir kelapa tua lalu di parut yang kasar, 2 lembar daun pandan, 150 ml air, 150 gram gula pasir untuk menambah kemanisan getuk, ½ sendok teh garam untuk menggurihkan getuk, 1 sendok teh vanili bubuk.

 

Cara pembuatan resep getuk ubi ungu yang satu ini juga sangat praktis dan mudah. Dijamin ketagihan deh untuk bikin lagi. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah campur gula pasir, campur juga vanili, daun pandan, selain itu campurkan dengan garam dan juga air. Rebus semua itu hingga mengental, kalau sudah mengental, angkat lalu kamu harus mendinginkannya. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan ialah, kukus ubi ungu, angkat dan kupas kulit arinya. Kemudian, dalam keadaan panas, kamu harus menghaluskan sambil dicampur dengan larutan gula pasir hingga lembut. Setelah itu, taruh di dalam loyang dan ratakan dengan cara menekan adonan, lalu simpan di dalam lemari es. Cetaknya bisa sesuai dengan selera kamu. Sajikan getuk ubi ungu kamu dengan parutan kelapa yang sudah kamu kukus telebih dahulu kurang lebih 10 menit.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Sup Enak dan Lezat

 

 

 

Cara Membuat Getuk Gula Merah Di Rumah

 

cara membuat getuk
via kuepraktis.yaho-mart.com

 

Selain membuat getuk dengan bahan ubi ungu, kamu juga bisa membuat getuk lainnya. Resep selanjutnya yang akan kamu coba membuatnya adalah resep membuat getuk gula merah. Salah satu manfaat gula merah adalah mencegah anemia. Konsumsi gula merah setidaknya 1 gr sehari-hari bisa membantumu jauh dari anemia. Dalam gula merah mengandung vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, seng, zat besi, tembaga, beberapa fitonutrien, polifenol, falvonoid dan anthocyanidin.

 

Sediakan semua bahan yang kamu perlukan untuk membuat getuk gula merah ini. Oh ya, ini salah satu macam getuk pilihan Hello-Pet, lho! Bahan-bahannya yaitu 250 gr singkong, 50 gram gula merah, 1 sdm susu kental manis putih, dan sejumput garam halus.

 

Selain membutuhkan barang-barang yang mudah untuk disiapkan, cara pembuatan resep getuk gula merah juga sangat praktis loh, guys. Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat resep yang satu ini adalah kamu harus membersihkan singkongnya terlebih dahulu. Lalu potong sesuai selera kamu dan masukan ke dalam kukusan atau magic com. Kukus singkong yang sudah kamu bersihkan tersebut hingga matang. Setelah matang tumbuk singkong dalam keadaan panas, masukan gula merah, susu dan garam, setelah itu kamu aduk hingga merata sambil di tumbuk saja hingga halus. Setelah kamu tumbuk sampai halus dan memasaknya hingga kira kira sudah matang, itu bisa langsung kamu makan atau mau kamu cetak terlebih dahulu, sesuai selera kamu saja guys.

 

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Spaghetti Sederhana Di Rumah

 

 

Cara Mudah Membuat Getuk Ubi Pelangi

 

cara membuat getuk
via cookpad.com

 

Untuk selanjutnya kamu akan mencoba resep yang sangat unik. Hello-Pet akan memberikan resep mudahnya agar kamu bisa mencoba membuat getuk dengan warna pelangi. Tentunya resep ini akan menampilkan getuk yang berwarna warni dan sangat unuk namun menghasilkan rasa yang sangat enak. Sediakan semua bahan yang kamu perlukan untuk membuat resep yang satu ini seperti 1 kilogram ubi, ¼ kilogram gula merah diserut halus, ¼ kilogram kelapa tua diparut, dan beberapa tetes pewarna makanan sesuai selera kamu saja, guys.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan bahan-bahan tersebut, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Cara pembuatan resep yang satu ini juga termasuk sederhana loh guys. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah kupas potong ubi dan cuci hingga bersih, kalau kamu sudah cuci hingga bersih, langsung saja kamu kukus hingga matang sekitar 30-45 menit. Kalau sudah matang, haluskan ubi dan bagi menjadi 3 atau lebih. Setiap bagiannya diberi pewarna. Kalau sudah selesai, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencetaknya di dalam loyang persegi panjang atau kotak ukuran 30×30 cm juga boleh, campurkan dengangula merah yang sebelumnya sudah kamu larutkan dengan air panas dan tunggu hingga ubi dingin. Potong-potong ubinya dan silakan disajikan.

 

 

Baca Juga : 3 Resep Tteokbokki, Makanan Ala Korea

 

 

 

Cara Membuat Getuk Lindri Rumahan

 

cara membuat getuk
via jendelakuliner.com

 

Seperti yang sudah Hello-Pet bahas di awal artikel ini, ada dua macam getuk. Yang salah satunya ialah getuk lindri. Inilah resep membuat getuk lindri. Entah mengapa  penjual gethuk lindri menggunakan media musik dangdut sebagai media promosinya sejak dahulu tidak diketahui pasti. Jika dulu menggunakan pengeras suara dan tape recorder, sekarang cukup dengan ponsel. Sayangnya semakin jarang orang berjualan getuk lindri. Bagaimana jika kamu yang memulainya sekarang?

 

Sediakan beberapa bahan yang kamu perlukan seperti ¼ kg singkong, ½ gelas blimbing gula pasir atau tambah jika kamu suka manis, 1 sendok teh pasta vanili, pewarna makanan, ½ buah kelapa parut yang dikukus, dan sejumput garam.

 

Kalau kamu sudah menyediakan bahan bahan tersebut, langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat resep getuk lindri ini ialah kupas singkong dan kamu juga harus mencucinya hingga bersih, potong kecil-kecil supaya cepat matang, dan kukus kurang lebih selama 30 menit. Kalau sudah panas, kamu harus menumbuknya hingga halus dan tambahkan pasta vanili dan aduk hingga merata. Langkah selanjutnya ialah membagi adonan menjadi beberapa bagian, beri warna sesuai dengan selera kamu dengan setetes pewarna makanan, cetak menggunakan cetakan mie atau cetakan garpu. Setelah itu, kamu bisa hidangan getuk lindri dengan ditaburi kelapa parut yang telah kamu kukus dan ditambahi sedikit garam.

 

Baca Juga : 4 Resep Membuat Sayur Asem Segar dan Bikin Mata Melek

 

 

Itulah beberapa resep membuat getuk yang sederhana di rumah persembahan dari Hello-Pet. Selamat mencoba ya, guys!

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori