4 Resep Membuat Cilok yang Kenyal Tapi Enak

Cilok atau aci dicolok adalah makanan ringan khas Jawa Barat. Berikut beberapa resep membuat cilok yang sederhana, mudah dibuat dan enak banget. Coba yuk!
0
4 Resep Membuat Cilok yang Kenyal Tapi Enak
0 (0%) 0 votes
cara membuat cilok

Cilok atau aci dicolok merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan ditambah bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap atau saus. Mulai dikenal sekitar awal tahun 1980an sebagai jajanan anak sekolah. Bentuk cilok pun sama seperti bakso, yaitu bulat, tetapi yang membedakan ialah bahan dasarnya.

 

Bahan baku untuk membuat makanan khas Jawa Barat ini ialah tepung kanji, bumbu bawang dan beberapa bahan lainnya. Lalu dicampur dengan isi daging ayam atau sapi. Bisa juga cilok polos dengan bumbu penyedap rasa ayam bila tak memakai isian. Cilok merupakan salah satu makanan ringan yang enak, selain itu, cilok juga bisa di jadikan peluang usaha. Rata-rata, pedagang cilok menjual makanan khas Jawa Barat ini berkeliling yang berjualan di area sekolah, kampus, dan pabrik. Sekarang sudah mulai naik pangkat, kamu bisa menemukannya di pertokoan dan pusat perbelanjaan, lho.

 

Baca Juga : Bule-bule Ini Ketagihan Makanan Khas Indonesia Lho!

 

Nah, kali ini hello-pet ingin ngebahas tentang cara membuat cilok. Di sini, kamu bisa melihat beberapa resep membuat cilok yang kenyal, nikmat, dan tak memakan waktu lama. Penasaran apa saja resep yang akan dibahas?

 

Cara Membuat Cilok Sederhana

 

cara membuat cilok
via resepmasakan40.blogspot.co.id

 

Yang pertama, Hello-Pet akan mengajakmu mencoba membuat cilok, namun dengan istilah sederhana. Mengapa memakai istilah sederhana? Karena, dengan mencoba resep yang satu ini, kamu tidak perlu repot menyediakan bahan yang sulit. Kita hanya memerlukan bahan dasar untuk membuat cilok sederhana ini, dan juga resep cilok sederhana ini akan menghasilkan rasa yang nikmat sekali.

 

Sebelum membuat cilok sederhana, tentu saja kamu harus sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 250 gram tepung terigu, 250 gram tepung tapioka, 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, ½ sendok teh merica, ½ sendok teh garam, daun bawang, 250 mililiter air.

 

Kalau kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan tersebut, silakan lanjut ke tahap pembuatannya. Langkah pertama buatlah bumbu halusnya terlebih dahulu. Haluskan bawang putih, bawang merah, merica, dan juga garam. Setelah itu, campurkan bumbu halus ke dalam adonan tepung terigu, tepung tapioka, dan daun bawang, berikan air panas, aduk hingga merata. Bulatkan adonan dengan bantuan dua sendok teh menjadi bentuk kelereng. Lakukan sampai habis. Rebus air, kemudian masukhan adonan sampai mengapung tanda sudah matang. Tiriskan.

 

Kalau sudah, langkah berikutnya kamu bisa langsung sajikan cilok sederhana buatan kamu sendiri dengan saus dan kecap atau bumbu lainnya sesuai dengan selera kamu. Bagaimana? Sederhana bukan?

 

Baca Juga : 7 Resep : Yuk, Pelajari Berbagai Resep Masakan Tempe Yang Mudah

 

 

 

Resep Membuat Cilok Kuah

 

cara membuat cilok
via dapurenka.blogspot.co.id

 

Makanan berkuah akan sangat cocok jika kamu sajikan di saat santai sore hari, atau sebagai hidangan pembuka makan malam kamu. Nah, kalau kamu ingin menyajikan hidangan yang berkuah, kamu bisa coba resep cilok kuah yang satu ini. Rasanya yang gurih akan membangkitkan selera saat hendak menyantap makan malam.

 

Sebelumnya, sediakan bahan bahan yang kita sajikan untuk membuat cilok kuah ini. Bahan bahannya ialah, 250 gr tepung aci, 100 gr tepung terigu atau secukupnya, garam, gula putih, bawang putih, daging sapi / tetelan, cengek / cabe rawit, bawang merah, daun bawang, ebi.

 

Sesudah menyiapkan bahan yang kamu butuhkan, langsung ke tahap pembuatannya. Pertama, masukkan tepung aci dan tepung terigu pada satu wadah, berbanding 1 : 1 atau secukupnya saja. Selanjutnya, masukan irisan bawang putih, irisan daun bawang, dan garam pada wadah campuran tepung tadi. Setelah itu, masukkan air panas, aduk perlahan sampai semuanya tercampur dan jangan terlalu encer. Aduk sampai adonan kamu tidak menempel di tangan. Kalau sudah kalis adonannya, kamu bentuk bulat seperti kelereng, bisa kamu isikan tetelan atau lainnya. Kalau semua adonan sudah dibentuk, masukkan ke dalam air yang mendidih hingga mengapung semua tanda sudah matang. Untuk membuat kuahnya, tumis bawang merah, bawang putih sampai harum, kemudian masukkan air kaldu kemudian berikan bumbu, garam, dan gula putih. Tunggu hingga matang, kalau sudah campurkan dengan adonan yang sudah kamu rebus tadi.

 

Nah, cara penyajiannya pun itu bisa sesuai dengan selera kamu. Kalau kamu ingin menyajikannya dengan bahan lainnya. Cilok kuah kamu siap untuk disajikan.

 

 

Baca Juga : 4 Resep : Nih, Resep Cara Membuat Bakso Tahu yang Super Lezat

 

 

Resep Mudah Cilok Isi Kulit Ayam

 

cara membuat cilok
via santeaja.com

 

Kalau resep yang satu ini sangat pas kalau kamu sajikan sebagai hidangan saat kumpul santai dengan keluarga atau camilan ketika hujan membuatmu tak bisa membeli jajanan ke luar rumah. Dengan memakai bumbu lainnya seperti saus kecap bisa menambah rasa nikmat cilok yang satu ini. Oke, langsung aja yuk!

 

Sebelum membuat cilok isi kulit ayam, sediakan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu 200 gram tepung tapioka/kanji, 150 gram tepung terigu, 200 gram kulit ayam berlemak, 4 siung bawang putih (haluskan), ½ kaldu bubuk, ¼ lada bubuk, garam secukupnya, 200 mililiter air, daun bawang iris.

 

Kalau sudah menyediakan semua bahannya, kita lanjut ke tahap pembuatannya. Pertama, siapkan wadah, masukkan tepung terigu, bawang putih halus, kaldu bubuk, lada bubuk, dan garam, aduk rata, sisihkan. Selanjutnya, tuang air panas mendidih ke dalam wadah yang berisi tepung terigu, aduk rata menggunakan sendok kayu. Setelah itu, masukan tepung tapioka/kanji sedikit demi sedikit dan masukan irisan daun bawang, uleni hingga tercampur rata dan dapat dibentuk.

 

Setelah itu, panaskan air untuk merebus cilok. Bentuk adonan beri isian kulit dan lemak ayam, kemudian bulatkan adonan. Masukkan ke dalam rebusan air yang sudah mendidih tadi. Masak hingga cilok terapung tanda sudah matang. Untuk tingkat kekenyalan bisa sesuai selera. Segera sajikan dengan sambal kacang, saus atau kecap.

 

Baca Juga : Nih, Cara Mudah Membuat Ayam Masak Kicap Untuk Ibu-Ibu di Rumah

 

Cara Membuat Cilok Isi Telur Puyuh

 

cara membuat cilok
via majalah-holiday.com

 

Yang satu ini sangat menarik karena berbeda dengan yang lainnya. Kalau kamu sangat menyukai telur dan ingin mencoba cilok yang berisikan telur, silakan kamu coba resep cilok yang satu ini.

 

Untuk bahannya, simak di sini. Bahan untuk membuat cilok isi telur ialah 250 gram tepung kanji, 200 gram tepung terigu, udang, 12 butir telur puyuh rebus matang, 1 siung bawang putih, 2 siung bawang merah, daun bawang, merica bubuk, garam, dan gula secukupnya, dan air mendidih. Dan untuk membuat sambal kacangnya, 299 gram kacang tanah, 1 siung bawang merah dan bawang putih, 1 cabe merah dan cabe rawit sesuai selera.

 

Kamu bisa  lanjut ke tahap pembuatannya. Untuk membuat sambal kacangnya, sangrai kacang tanah. Sisihkan. Kamu  tumis semua bahan sambal, angkat dan haluskan bersama kacang tanah. Terakhir, masak dengan sedikit air, tambahkan gula dan garam secukupnya, masak sampai mendidih dan matang.

 

Untuk membuat cilok isi telurnya, campur tepung terigu, tepung kanji, bumbu halus, merica bubuk, dan irisan daun bawang. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit, aduk dengan menggunakan sendok sampai merata, uleni hingga kalis. Ambil sedikit adonan, pipihkan, beri telur puyuh, kemudian bulatkan sampai telur tak terlihat. Kalau sudah semua adonan bulat dan berisi telur, masak di dalam panci berisi air mendidih hingga cilok terlihat mengapung dan matang. Angkat dan sisihkan ke piring atau mangkok, siram pakai sambal kacang. Cilok isi telur buatan kamu sendiri siap disajikan.

 

Baca Juga : Ini Cara Memilih Telur Yang Sehat!

 

Gimana guys? Kalo kamu mau coba resep cilok yang mana dulu nih?

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori