3 Cara Membuat Burger Sederhana Kesukaan Anak

Membuat burger sendiri? Anda bisa, kok, memanfaatkan 3 langkah berikut ini untuk tahu cara membuat burger sederhana yang pasti akan disukai oleh anak-anak Anda!
0
3 Cara Membuat Burger Sederhana Kesukaan Anak
0 (0%) 0 votes
cara membuat burger

Menyiapkan menu makan anak bisa jadi merupakan tantangan terbesar yang dimiliki oleh orang tua. Kebanyakan anak-anak lebih lahap menikmati makanan-makanan cepat saji yang kemasannya memang lebih menarik dan menggiurkan, tetapi bila orangtua membiarkan buah hati terus-terusan memakan masakan cepat saji, lalu bagaimana dengan keseimbangan gizinya? Bila sudah demikian, mau tak mau orangtua pun harus kreatif. Belajar membuat menu cepat saji, misalnya saja belajar cara membuat burger sederhana muncul sebagai solusi.

 

Dengan mempelajari cara membuat burger sederhana atau makanan cepat saji lainnya, setidaknya akan membantu Anda meningkatkan nafsu makan buah hati. Siapa, sih, yang tidak suka melihat anaknya makan dengan lahap? Dengan menyajikan burger atau menu cepat saji lainnya yang kemasannya menarik sebagai menu makan anak, Anda bisa memastikan bahwa anak-anak akan makan dengan lahap. Di samping itu, dengan menyiapkan sendiri makanan anak Anda, ada nilai tambahnya di mana Anda bisa memastikan keseimbangan gizi buah hati tetap terjaga dan juga tentunya Anda bisa memastikan makanan yang dimakan oleh anak-anak tidak dimasak dengan menggunakan bahan-bahan tak sehat yang sering menjadi perhatian ketika memakan masakan fast food di luaran, bukan? Jadi apakah Anda sudah siap untuk mempelajari cara membuat burger rumahan untuk buah hati Anda? Hello-Pet akan membagikan triknya di sini.

 

(Baca juga: Burger Termahal di Dunia Ini Dibanderol Rp 21 Juta!)

 

Ragam Kreasi Burger Mudah

 

Sebelum mulai mempelajari cara membuat burger sederhana untuk buah hati, tidak ada salahnya bukan bila kita mengetahui terlebih dahulu apa saja, sih, kreasi burger yang bisa Anda sajikan untuk buah hati Anda?

 

Sebenarnya, ada banyak resep burger yang bisa Anda coba. Dari hamburger, cheeseburger, chicken burger, veggie burger, bahkan burger tempe yang jelas jauh lebih sehat bila dibandingkan dengan burger-burger yang dijual di restoran-restoran cepat saji. Burger sendiri pada dasarnya memang bermacam-macam. Secara teknis, burger merupakan sebutan untuk jenis sandwich dengan isian dibuat dari daging giling, disajikan dalam setangkup roti berbentuk bulat. Awalnya, burger berasal dari Hamburg, Jerman, dan akhirnya disebut dengan hamburger. Itulah kenapa daging yang digunakan dalam burger adalah daging sapi bukannya daging ham atau babi seperti yang banyak dibayangkan oleh orang-orang.

 

Biasanya, sebagai pelengkap, burger juga disajikan dengan menyertakan keju, selada, tomat, irisan daging yang diasap, bawang bombay, dan acar dengan beragam saus seperti mayonnaise, saus tomat, saus sambal dan juga saus pelengkap lainnya. Untuk memasaknya sendiri, terutama untuk membuat bagian patty-nya, juga ada beberapa kreasi yang bisa digunakan mulai dari barbeque, dimasak langsung di api yang sangat panas hingga menggunakan wajan dengan minyak yang sangat sedikit.

 

(Baca juga: 33 Burger Terunik dan Kreatif yang Pernah Muncul di Bumi)

 

 

Bahan-Bahan Membuat Burger Sederhana

 

Sudah siap untuk menyimak cara membuat burger sederhana untuk menu makan siang atau makan malam buah hati? Bagus! Untuk membuat burger yang gizinya tetap seimbang, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

 

1 butir telur

1 sendok teh mustard

1 sendok teh saus Worchestershire

1 siung bawang putih cacah

1 bawang bombay ukuran kecil diparut

1/2 sendok teh garam

1/2 sendok teh merica

1 patty dari 450 gram daging giling. Untuk patty yang benar-benar lezat, daging yang digunakan juga harus merupakan daging pilihan. Pastikan bahwa daging giling yang sudah Anda siapkan mengandung lemak, setidaknya 20% dari keseluruhan daging yang Anda siapkan.

2 lembar roti bulat

 

Bila Anda ingin menambahkan rasa yang berbeda, Anda juga bisa menyiapkan beberapa bahan pelengkap berikut ini:

 

1 sendok makan saus caesar salad

1 sendok makan tomat kering yang sudah dipotong-potong

1 sendok makan yoghurt

1 sendok makan parutan jeruk nipis

1 sendok makan saus barbecue

1 sendok teh bubuk kare

1 sendok teh minyak wijen

1 sendok teh saus teriyaki

1 buah paprika ukuran kecil yang sudah dipotong-potong

 

(Baca juga: 4 Kreasi Sandwich Tanpa Roti yang Bisa Kamu Coba!)

 

 

 

Cara Membuat Burger Sederhana

 

Bila Anda sudah menyiapkan bahan-bahan di atas, berarti Anda sudah siap untuk membuat burger sendiri. Langkah pertama cara membuat burger sederhana adalah membuat patty untuk isian burger Anda. Aduk telur yang sudah Anda siapkan ke dalam sebuah mangkuk, secara perlahan campurkan pula mustard, saus Worchesthershire, bawang bombay, bawang putih, garam dan merica ke dalamnya. Anda juga bisa mencampurkan bahan pelengkap apapun yang sudah Anda siapkan ke dalamnya. Setelahnya, masukkan daging giling yang sudah Anda siapkan dan aduk dengan lembut menggunakan tangan atau garpu, pastikan Anda tidak terlalu kasar karena daging akan mengeras bila Anda tidak mengaduknya dengan lembut. Kemudian secara lembut bentuklah daging giling Anda tersebut menjadi patty setebal 2 cm, jangan menekan terlalu keras. Tekan sedikit bagian tengahnya agar daging tidak mengembang ketika dimasak.

 

Langkah kedua dalam cara membuat burger sederhana adalah memasak patty Anda. Cara terbaik untuk menghasilkan patty yang juicy adalah dengan memanggangnya, jadi siapkan panggangan barbecue Anda dengan api sedang. Untuk langkah kedua ini, Anda hanya perlu memanggang seperti biasa. Namun untuk hasil yang maksimal, pastikan suhu panggangan Anda berada di suhu sekitar 70 derajat celcius, dan yang harus Anda perhatikan adalah tidak terlalu sering membalik patty Anda karena ini akan membuat patty kehilangan cairan yang akan membuatnya terasa lebih juicy. Untuk alasan yang sama, hindari juga menekan patty Anda dengan spatula atau mengecek kematangannya dengan menusukkan garpu. Anda cukup memanggang patty untuk burger Anda selama enam hingga delapan menit atau sampai bagian dalamnya tidak lagi berwarna merah muda dan selesai sudah langkah kedua ini.

 

Sementara langkah terakhir dalam cara membuat burger sederhana ini merupakan hal yang paling mudah! Begitu patty sudah siap dan sudah matang sempurna, tiriskan dan hidangkan di antara setangkup roti bulat yang sudah Anda siapkan. Untuk langkah terakhir ini, Anda juga bisa menambahkan topping yang Anda inginkan seperti potongan tomat, paprika, selada atau topping-topping lainnya yang kiranya akan disukai oleh buah hati sehingga mereka akan dengan lahap menikmati burger buatan Anda. Mudah sekali, bukan?

 

(Baca juga: Ini yang Dilakukan Big Mac pada Tubuhmu dalam Waktu 1 Jam!)

 

 

Membuat Burger Sendiri Sesuai Kreasi

 

Sebenarnya Anda tidak perlu terpaku dengan cara memasak tertentu, karena dengan membuat burger sendiri, Anda mendapat kebebasan untuk menciptakan berbagai macam variasi kreasi tanpa terpatok pada cara membuat burger sederhana yang baku. Misalnya saja, bila Anda tidak menyukai bawang bombai dan acar, Anda bisa menyisihkan dua bahan tersebut dari burger buatan Anda. Atau bila Anda ingin mengganti mayonnaise dengan saus barbecue pun tidak jadi soal. Anda bisa mengatakan bahwa burger buatan Anda adalah original recipe yang tak akan bisa ditemukan di restoran cepat saji mana pun. Bayangkan bila Anda membeli burger di restoran-restoran cepat saji, tentunya Anda tidak bisa mendapatkan burger yang sesuai dengan keinginan Anda karena harus pasrah menerima menu yang sudah disediakan, bukan?

 

Jadi burger seperti apa yang ingin Anda sajikan untuk menu makan buah hati? Sekali lagi, jangan terpatok dengan aturan-aturan yang baku. Misalnya saja bila Anda kesulitan menemukan panggangan barbecue untuk memanggang patty isian burger Anda, tidak perlu cemas, Anda juga bisa menggantinya dengan memasak patty tersebut menggunakan wajan anti-lengket yang diberi sedikit minyak. Atau bila Anda tidak bisa mendapatkan saus Worchestershire yang tentu tidak mudah ditemukan bila Anda tidak pergi ke supermarket-supermarket besar, Anda juga bisa menggantinya dengan saus barbecue biasa atau saus lain yang rasanya mendekati. Apalagi untuk topping, kreativitas Anda benar-benar diuji di sini. Tidak perlu menggunakan topping yang umum terdapat di burger-burger pada restoran cepat saji bila buah hati Anda memang tidak menyukainya. Gantilah dengan topping-topping yang kiranya akan menambah nafsu makan buah hati.

 

(Baca juga: 3 Langkah Cara Membuat Bulgogi Lezat a la Chef Ternama)

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori