4 Cara Mudah Membersihkan Kulkas

Pasti kamu sudah tidak asing dengan kulkas, benda elektronik yang digunakan setiap orang untuk mendinginkan makanan dan minuman. Berikut cara membersihkannya.
0
4 Cara Mudah Membersihkan Kulkas
0 (0%) 0 votes
Cara menghilang dan membersikan bau tidak sedap pada kulkas

Kulkas merupakan salah satu benda elektronik yang digunakan setiap orang, bahkan sudah menjadi kebutuhan yang berguna untuk menyimpan bahan-bahan makan seperti daging, ikan, telur, dan lain-lain. Hal ini menyebabkan kulkas menjadi tidak bersih dan mengalami beberapa masalah seperti bau tidak sedap jamuran bahkan menyebabkan banyaknya bunga es. Oleh karena itu, kamu harus rajin-rajin dalam membersikan kulkas agar tetap dalam keadaan yang bersih.

 

 

Pada kesempatan ini Hello-PET akan memeberiahu kamu cara-cara membersihkan kulkas yang bisa kamu praktekan dengan mudah dan gampang tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak dan juga tidak ada alat-alat pembersih khusus yang kamu gunakan. Inilah cara-cara membersikan kulkas ialah sebagai berikut.

 

 

 

 

 

 

Cara Membersihkan Bunga Es Pada Kulkas

 

Yang harus kamu persiapan:

1. Handuk bersih ataupun kain bersih

2. Air panas secupkupnya saja

3. Lap kering

 

 

 

Langkah-langkah membersihkan bunga es pada kulkas

1. Yang pertama cairkanlah freezer terlebih dahulu dari bunga es, kamu tidak usah mematikan arus listrik pada kulkas kamu. Cukup  mengatur termostat pada suhu yang terendah atau mematikan pendingin.

 

2. Setelah itu apabila kulkas kamu sedang kosong atau tidak ada isinya maka sebaiknya dimatikanlah arus listriknya agar hemat listrik.

 

3. Sebaiknya pintu kulkasnya kamu biarkan saja terbuka jangan kamu tutup.

 

4. Kemudian biarkan kira-kira setengah jam saja sampai bunga es mulai mencair sedikit demi sedikit. Kemudian keluarkanlah semua bahan-bahan makanan yang ada di dalam freezer. Apabila makan tersebut seperti daging, maka ada baiknya simpanlah di dalam termos es terlebih dahulu apabila makanan sudah tidak bagus lagi bisa kamu buang saja karena kalaupun dikonsumsi juga tidak bagus unntuk kesehatan kamu.

 

5. Lalu celupkan handuk bersih di air panas kemudian letakanlah pada freezer, cara seperti ini berguna agar bunga es yang mencair akan tetap ikut terserap melalui handuk dan tidak akan tesebar ke mana-mana.

 

6. Apabila sudah 10 menit handuk sudah mulai menjadi dingin, ambillah kemudian kamu bilas. Lalu masukkan kembali pada air yang hangat kemudian gosokkan pada dinding freezer tersebut. Ulangi kegiatan ini hingga beberapa kali saja hingga semua frost mencair.

 

7. Dan langkah yang terakhir, membersihkan frost pada freezer. Sebaiknya kamu menggunakan lap kering untuk membersihkan sela-sela pada freezer yang banyak mengandung kotorannya. Ada baiknya lagi apabila kamu juga akan mengelap seluruh bagian pada kulkas sangat amat kotor.

 

8. Apabila freezer kamu aromanya tidak sedap, pakailah campuran baking soda dan juga air. Baking soda sudah sangat terkenal digunakan sebagai bahan pembasmi bau tidak enak dan juga sangat aman untuk kesehatan tubu manusia.

 

 

 

Catatan:

Jangan sesekali menggunakan benda tajam jika kamu mencongkel bunga es pada. Sebaiknya tunggu saja bunga es mencair dengan sendirinya. Apabila kamu menggunakan benda tajam maka evaporator pada freezer akan rusak dan mengakibatkan suhu pada kulkas tidak akan bisa menjadi dingin lagi. Ini disebabkan gas refrigerant akan terbuang sangat sia-sia.

 

 

 

Cara Menghilang Dan Membersikan Bau Tidak Sedap Pada Kulkas

 

1. Cara menentukan kapan waktunya kita membersihkan freezer kulkas bisa kamu lihat dari ketebalan es yang beku pada kulkas. Ketika bunga es sudah mulai sangat menumpuk kira-kira sekitar 1 cm, berarti kulkas kamu harus segera kamu bersihkan.

 

 

2. Yang pertama yang harus kamu lakukan matikanlah freezer terlebih dahulu, setelah itu keluarkanlah semua bahan-bahan makanan yang ada. Yang harus kamu bersihkan ialah rak dan juga nampan. Cucilah semua bagian tersebut dengan menggunakan larutan sabun yang ringan saja kemudian pastikan juga semua benar-benar kering.

 

 

3. Cucilah semua bagian pada kulkas yang sudah dilepaskan terlebih dahulu. Karena larutan sabun sangat ringan sehingga harus benar-benar sudah kering.

 

 

4. Janganlah kamu menaruh bahan-bahan makanan pada freezer yang sedang dibersihkan sebelum kamu membersihkan seluruh bunga es dan juga mendiamkan kulkas kurang lebih selama 30 menit. Laplah bagian kulkas dengan bersih dan tidak ada lagi genangan air didalam kulkas kamu.

 

 

5. Lalu bersihkanlah debu yang ada pada grill di bagian bawah kulkas secara rutin setiap 6 bulan sekali saja.

 

 

6. Setelah itu kontrollah aroma pada kulkas kamu dengan meletakan sekotak baking soda pada belakang rak kulkas .

 

 

7. Agar wanginya segar, bersihkan area dalam kulkas menggunakan spons yang telah direndam ekstrak vanili.

 

 

 

 

 

Cara Membersihkan Kulkas Dengan Cuka

 

Kamu juga bisa membersikan kulkas lemari es kamu dengan menggunakan cuka, yang berguna untuk membersikankan kulkas dari bau yang tidak sedap kamu bisa mencoba ini pada lemari es atau kulkas kamu di rumah cara penggunaan sangat gampang ketika kamu ingin mengelap kulkas campurkan cairan cuka dengan air lalu kamu gunkan untuk mengelap kulkas

 

 

 

 

Cara Membersihkan Kulkas Dengan Baking Soda

 

1. Langkah pertama masukkanlah satu sendok makan baking soda yang dalam keadaan masih bagus dan aktif masukan dan campurkan pada satu cangkir air yang hangat. Lalu aduklah dengan rata dan juga perhatikanlah gelembung-gelembung yang timbul. Apabila gelembung-gelumbung tersebut tidak muncul maka berarti baking soda kamu sudah tidak dalam keadan yang aktif.

 

 

2. Lalu celupkanlah kain yang masih bersih pada larutan baking soda. Kemudian peraslah secukupnya saja dan juga mulailah mengelap kulkas dengan menggunakan cairan baking soda yang tadi.

 

 

3. Setelah semua bagian pada kulkas telah bersih, maka biarkan sejenak dan dianginkan sebentar saja sebelum kamu menghidupkan kulkas tersebut kembali.

 

 

 

Cara Membersikan Kulkas Yang Berjamur

 

Matikan lemari es ataupun cabut aliran listriknya terlebih dahulu.
Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah mematikan aliran listrik pada kulkas Hindari tersengat listrik karena tidak mematikan aliran listriknya.
Siapkan ember yang digunakan untuk menampung air dari lemari es.
Selanjutnya siapkan ember karena berguna agar air yang keluar dari kulkas tidak bertumpahan ke bawah. Setelah itu siapkan wadah yang berukuran besar untuk meletakkan bahab-bahan makan sementra kamu membersihkan bagian dalam kulkas.

 

Keluarkan isi lemari es.
Apabila wadah yang berukuran besar sudah kamu siapkan maka letakkan bahan-bahan makanan tersebut di dalam wadah tersebut.

 

Rebus air
Air rebusan ini berfungsi untuk membantumu mencairkan bunga es pada freezer.

 

Siapkan ember es
Ember es dimanfaatkan karena berguna menyimpan makanan-makanan dari freezer agar tetap dalam keadaan dingin dan tidak mencair. Ini merupakan cara sangat efektif dalam menjaga makanan tersebut supaya tetap dalam keadaan awet.

Masukkan air panas ke dalam freezer
Apabila rebusan air yang tadi sudah mendidih, kamu bisa memulai memindahkan air ke dalam wadah tertentu. Letakkanlah wadah yang sudah diisi dengan air panas lalu letakkan di dalam freezer dan tutuplah pintu kulkas. Biarkanlah uap yang dihasilkan air panas tersebut terus bekerja dan mencairkan es yang terdapat dalam kulkas.
Keluarkan semua rak dan wadah dari lemari es
Setelah itu sediakan juga sebuah baskom yang berukuran cukup besar lalu isi dengan hangat. Air hangat ini berguna untuk mencairkan es lebih cepat dari rak ataupun wadahnya. Kemudian semua rak dan wadah dikeluarkan dari lemari es satu secara satu per satu. Sebaiknya berhati-hatilah kamu pada saat mengeluarkan rak tersebut.
Untuk rak terbuat dari bahan kaca, sebaiknya angin-anginkanlah terlebih dahulu ini berguna agar tidak terlalu menjadi dingin ketika kamu masukkan pada baskom yang berisi dengan air hangat. Apabila kaca dipindahkan dengan suhu yang berlawanan maka kaca tersebut bisa menjadi pecah.

 

 

 

 

 

Cara Membersihkan Bagian Dalam Lemari Es

 

Cara membersihkan bagian pada lemari es, kamu bisa menggunakan campuran cairan baking soda dan perasan jeuk lemon. Lalu gunakanlah spons lembut untuk digunakan membersihkan noda-noda pada sisa makanan kemudian bilas dan keringkan. Pada bagian dalam freezer yang sudah mencair sebaiknya kamu dibersihkan dengan menggunakan desinfektan berbahan alami saja.

 

 

Hidupkan freezer
Apabila semuanya sudah menjadi kering maka yang harus kamu lakukan ialah menghidupkan kembali freezer setelah menunggu waktu kira-kira satu jam sebelum semuanya kering.

 

 

Cuci bersih rak dan wadah
Seelah itu cucilah rak dengan menggunakan sabun. Kamu bisa memakai sabun pencuci piring . Untuk menghilangkan noda yang membandel, atau juga bisa menggunakan cuka baking soda dan juga perasan air lemon.

 

 

Kembalikan rak ke dalam lemari es
Setelah kamu cuci dan juga dikeringkanlah dengan memakai lap, sebaiknya gunakanlah lap kain microfiber agar tidak terjadi goresan dan juga kerusakan pada rak, kembalikanlah semua wadah atau rak pada lemari es.

 

 

 

Kembalikan makanan ke dalam lemari es
Dan yang terakhir setelah rak ataupun wadah sudah dikembalikan pada kulkas maka yang harus kamu lakukan ialah memasukan bahan-bahan makan yang tadi kamu keluarkan dan letakan lah bahan-bahan makan tersebut sesuai dengan tempatnya.

 

 

sumber : http://tukang.id/tips/cara-membersihkan-lemari-es.tukang

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori