5 Cara Membersihkan Dan Merawat Berbagai Jenis Luka

Saat melakukan aktivitas sehari-hari pasti kita pernah mengalami luka. Berikut ini cara membersihkan berbagai luka agar tidak terjadi infeksi yang berbahaya.
0
5 Cara Membersihkan Dan Merawat Berbagai Jenis Luka
0 (0%) 0 votes
Membersikan Luka Sayat Atau Luka Akibat Goresan

Terkadang saat kita mengerjakan sesuatu pasti ada kalanya kita terluka akibat jatuh, tergores, tersayat dan yang lain-lain. Dan pasti kamu menganggap hal seperti ini sepele tapi kalau dibiarkan saja luka tersebut bisa saja terinfeksi dan juga terkena bakteri-bakteri yang sangat berbahaya.

 

 

 

Oleh karena itu kamu harus membersikan luka kamu agar tidak terkena infeksi dan terkena bakteri. Dan kali ini Hello-PET akan memberitahu kamu cara membersikan berbagai luka seperti luka bakar, luka akibat goresan, luka bernanah dan yang lain-lain yang bisa kamu obati dan juga yang bisa kamu bersihkan sendiri.

 

Caranya cukup gampang dan bahan-bahan untuk membersihkan luka tersebut sangat gampang dicari di toko obat ataupun apotek terdekat.

 
Inilah cara-cara membersihkan berbagai luka yang bisa kamu lakukan sendiri dengan bahan-bahan yang sangat mudah kamu cari.

 

 

 

 

Cara Merawat Luka Berdarah

 

– Yang pertama gunakanlah kain untuk membersikan luka kamu, menggunakan tisu ataupun perban kemudian tekan luka kamu secara lembut saja jangan terlalu kasar. Apabila kamu menggosok luka dengan menggunakan kain itu akan memperparah pendarahan pada luka kamu karena pembuluh darah akan semakin terbuka.
– Jika kain yang tadi sudah mulai basah karena darah, sebaiknya jangan membuang kain tersebut hanya cukup dilapisi kain yang lainnya di atas kain yang sudah basah tadi, lalu tekankan pada luka lagi yang tadi kurang lebih selama 20 menit saja.

–  Apabila luka kamu terjadi di tangan ataupun kaki, posisikanlah luka kamu lebih tinggi ataupun minimal lebih tinggi dari jantung kamu, lalu biarlah agar tidak menjadi semakin besar pendarahan tersebut.

–  Lalu tutuplah luka tersebut dengan menggunakan perban yang sudah bersih ataupun yang masih baru ini berguna untuk mencegah agar tidak akan terjadi iritasi ataupun kotor di pada bagian yang terluka tersebut.

–  Apabila darah tidak mau berhenti selama kurang lebih 20 menit saja, segeralah kamu ke dokter agar dilakukan tindakan-tindakan medis yang lebih lanjut lagi.

–  Sebaiknya jika terdapat luka di sekitar mulut, kepala ataupun wajah ini akan menyebabkan pendarahan yang luar biasa karena di bagian ini terdapat sangat banyak pembuluh darahnya. Jadi sebaiknya jika langsung kamu langsung bawa ke rumah sakit terdekat agar bisa di tindaklanjuti.

 

 

 

 

Cara Merawat/Membersikan Luka Sayat Atau Luka Akibat Goresan

 

Hentikanlah perdarahannya pada luka

Perdarahan yang terjadi akibat luka sayat ataupun luka gores yang tidak terlalu parah sangat sering berhenti dengan sendiri. Tetapi pada luka yang terbilang lebih besar ataupun lebih dalam, kamu harus menekan secara lembut pada area yang terluka tadi dengan menggunakan kain bersih. Berguna untuk menghentikan perdarahan pada luka tersebut.

 
Bersihkan luka dan area sekitarnya

Sebaiknya basuh luka yang tadi dengan menggunakan air bersih dan juga bersihkanlah area pada sekitar luka dengan menggunakan sabun dan waslap ataupun menggunakan kain bersih. Sebaiknya berhati-hatilah kamu supaya luka kamu tidak akan terkena oleh sabun karena itu akan dapat menyebabkan masalah kulit seperti iritasi. Apabila kotoran ataupun pasir kecil masih menempel pada luka bahkan sesudah kamu mencuci luka tersebut, apabila hal tersebut terjadi maka pakailah pinset tapi gunakan yang sudah disterilkan dengan alkohol.

 

Menggunakan alkohol agar bisa mengangkat kotoran.

Jika kamu membersihkan luka dengan cermat, maka risiko akan terkena infeksi dan juga tetanus bisa diminimalkan. Hanya dengan bersihkan luka pada area sekitar dengan memakai air bersih dan sabun, karena larutan seperti iodin ataupun obat merah akan dapat memicu munculnya iritasi di luka kamu.

 

Oleskan luka dengan menggunakan obat salep khusus luka

Jika luka kamu sudah benar-benar bersih, maka olesi secara tipis-tipis saja dengan memakai salep ataupun krim antibiotik. Krim seperti ini tidak akan membuat luka kamu lekas sembuh, tetapi krim ini mampu mencegah infeksi dan juga bisa digunakan menutup luka menjadi lebih rapat. Di dalam krim tersebut ada kandungan tertentu yang dapat menimbulkan ruam pada sebagian orang, dan hentikanlah penggunaan krim tersebut jika kamu mengalamin hal tersebut.

 

 

 

Tutup luka

Tutupilah luka kamu dengan menggunakan plester ataupun perban di luka yang besar. Hal ini bisa menjaga luka kamu agar tetap menjadi lebih bersih, dan juga bisa melindungi luka kamu dari berbagai bahaya seperti iritasi serta bisa mencegah yang namanya infeksi bakteri yang sangat berbahaya. Kemudian gantilah plaster ataupun perban sekali sehari ataupun ketika perban sudah mulai basah ataupun kotor. Sebaiknya pakailah plester kertas jika kamu mengalami alergi dengan menggunakan perekat pada plester.
Apabila luka kamu sudah tertutup, lalu buka plester ataupun perban dan juga biarkanlah luka amu terkena udara. Hal ini berguna agar mempercepat penyembuhan pada luka kamu.

 

Tanda-tanda infeksi

Jika terjadi infeksi segeralah kamu hubungi dokter. Dan juga jika luka kamu tidak membaik juga ataupun jika luka berubah warna kemerahan, dan juga menjadi semakin sakit, dan juga hangat, serta juga berair dan juga menjadi membengkak.

 

 

 

 

Cara Membersikan Luka Bakar Pada Kulit

 

 

Cara merawat luka bakar pada kulit secara alami
– Menggunakanlah lidah buaya

Selain berguna untuk kecantikan, lidah buaya juga bisa mengobati luka bakar. Lidah buaya juga merupakan salah satu tanaman jenis tanaman obat yang sangat berguna dan bisa mendinginkan kulit kamu akibat terbakar. Kamu juga bisa menggunakan lidah buaya ketika kamu terkena luka bakar. Caranya hanya dengan memoleskan lidah buaya pada bagian yang terkena luka bakar.

 

 

–  Obati dengan menggunakan kentang mentah

Selain bisa digunakan untuk kecantikan pada kulit muka kamu dansangat sering digunakan juga untuk masker pada wajah, kentang juga bisa mengobati luka bakar. Kentang mentah mempunyai anti inflamasi dan juga mampu mendinginkan kulit kamu. Selain itu kentang sangat baik digunakan untuk menyembuhkan luka terbakar di bagian kulit kamu karena memiliki karakter yang mampu mendinginkan luka bakar.

 

Caranya cukup gampang irislah kentang jangan terlalu tebal lalu tempelkanlah pada bagian kulit wajah kamu yang terkena luka bakar lalu sesekali kamu tekan-tekan agar cepat menjadi dingin.
–  Kompres memakai teh celup

Teh celup bisa juga dipakai dan digunakan untuk menyembuhkan luka bakar, karena teh celup mempunyai kandungan tannin. Kandungan tanin berfungsi menghilangkan dan juga mendinginkan luka bakar. Caranya cukup gampang, hanya dengan mengompres bungkus teh celup yang sudah diseduh, lalu didinginkan dan oleskan ke luka bakar yang tadi.

 

–  Mengalirkan air ke sisi kulit pada luka bakar

Cara tersebut bisa dibuat jika kamu dalam keadaan darurat. Lalu membersihkanlah luka bakar menggunakan air dingin ataupun air es ini lebih baik jika dibandingkan dengan kamu menggunakan odol ataupun pasta gigi. Jika kamu menggunakan odol hanya akan menyebabkan luka bakar kamu menjadi semakin melepuh saja karena pori-pori kulit kamu akan menjadi tersumbat, dan hanya akan menghambat uap yang akan keluar.

 
– Dengan menggunakan minyak zaitun

Jika di rumah kamu memiliki minyak zaitun, bisa kamu gunakan minyak zaitun karena bisa menghilangkan luka bakar kamu.

 
–  Menggunakan madu

Madu sangat kaya manfaat dan juga berguna untuk mengobati beraneka ragam penyakit, contohnya saja bisa menyembuhkan penyakit pada kulit. Selain itu, madu juga sangat ampuh menyembuhkan dan menghilangkan luka bakar ataupun bekas noda hitam akibat luka bakar.

 

 

 

 

Cara Membersihkan Luka Agar Tidak Terjadi Infeksi

 

• Langkah pertama cucilah tangan kamu terlebih dahulu dengan menggunakan sabun dan juga air mengalir apabila semua tidak ada , kamu bisa menggunakan sanitaiser.

• Lalu gunakanlah sarung tangan medis untuk membersihkan luka apabila kamu mempunyainya.

• Apabila memungkinkan, biarkanlah orang yang mempunyai luka tersebut agar membersihkan luka dengan sendiri.

• Gunakanlah tangan kosong ketika membersihkan luka ini merupakan pilihan yang terakhir apabila tidak mempunyai sarung tangan dan juga alat-alat medis yang lain.

Apabila lukanya semakin parah maka segeralah bawa ke dokter agar mendapatkan tindakan medis.

 

 

 

 

Cara Mengobati Luka Bernanah Secara Alami Dan Cepat

 

1. Gunakanlah garam dan juga air hangat dengan membuat larutan air garam. Kemudian bersihkanlah luka tersebut secara perlahan, jangan menekan luka dengan terlalu kuat karena itu akan berbahaya. Pastikan juga tidak ada lagi bakteri dan kemudian membersihkan nanah. Lakukanlah perawatan tersebut sebanyak 3 atau 4 kali dalam sehari dan lakukan ini secara rutin.

 

 

2. Gunakanlah air kunyit karena antibiotik yang terdapat pada kunyit sangat berguna agar luka bernanah akan menjadi kering. Caranya cukup gampang, hanya dengan memarut kunyit, setelah itu peras dan mengambillah airnya. Kemudian membersihkanlah luka kamu dengan menggunakan air garam, lalu oleskanlah air kunyit di bagian tubuh yang terluka. Lakukanlah ini secara rutin 3 kai sehari

 

 

 

3. Bubuk kopi sangat berguna untuk menyembuhkan luka bernanah. Kopi ternyata mempunyai manfaat untuk mengobati beraneka ragam macam luka, contohnya luka bakar, luka yang akibat goresan benda tajam, terjatuh, dan juga koreng yang sudah terinfeksi. Kopi mempunyai anti bakteri yang sangat kuat yang bisa mematikan bakteri yaitu methicillin resistant starhylococcus aureus yang pada umumnya ada di luka yang bernanah.

 

Oleh karena itu apabila kamu mempunyai luka yang bernanah kamu biasa menggunakan kopi untuk mengobati luka bernanah kamu cara nya gampang cukup kamu seduh saja cukup dengan sedikit air panas lau oleskan secara perlahan jangan terlalu kasar karena akan memperparah luka kamu.

 

 

 

 

4. Tumbuhan kayu putih ternyata sangat efektif untuk mengeringkan luka yang bernanah. Selain itu minyak kayu putih juga sangat banyak fungsinya. Oleh kerena itu kami menyarankan apabila kamu mempunyai luka yang bernanah ada baiknya kamu menggunakan tumbuhan minyak kayu putih karena di dalam minyak kayu putih terkandung suatu zat yang bisa menyebuhkan luka bernanah. Caranya hanya dengan meremas daun minyak kayu puih lalu oleskan pada luka meski akan terasa sangat perih.

 

 

sumber : https://www.deherba.com/cara-mengobati-luka-sayat-dan-luka-gores.html

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori