4 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Sendiri Tanpa Harus ke Dokter

Karang gigi bisa kamu bersihkan secara alami tanpa harus pergi ke dokter gigi. Berikut cara yang bisa kamu pakai! Dijamin, gigimu kembali sehat dan bersih.
0
4 Cara Alami Membersihkan Karang Gigi Sendiri Tanpa Harus ke Dokter
0 (0%) 0 votes
karang-gigi

Bagaimana cara menghilangkan karang gigi sendiri tanpa harus pergi ke dokter? Jawabannya ada di dalam artikel ini. Untuk itu tetap baca artikel Hello-Pet ini ya, karena ada banyak banget informasi bermanfaat yang bisa kamu cerna di dalamnya.

 

Oke, untuk artikel kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara untuk membersihkan karang gigi sendiri tanpa harus pergi ke dokter. Karena seperti yang kita tahu, ongkos untuk membersihkan karang gigi di dokter gigi bisa menguras kantong kamu. Kalau bisa dilakukan dengan cara yang alami, kenapa harus buang-buang waktu untuk pergi ke dokter gigi kan? Nah, sebelum Hello-PET memberitahukan bagaimana cara membersihkan gigi, perlu kamu ketahui terlebih dahulu sebab dan akibat yang bisa terjadi karena adanya karang gigi.

 

 

Jadi, kalau dalam istilah kedokteran, karang gigi bisa juga disebut sebagai plak gigi, yaitu semacam kotoran menempel pada gigi yang timbul akibat adanya sisa-sisa makanan yang menumpuk pada gigi. Selain itu, penyebab timbulnya karang gigi karena orang tersebut malas untuk melakukan gosok gigi. Padahal sangat disarankan agar kamu menggosok gigi setelah makan dan juga sebelum tidur. Kalau cara tersebut tidak dilakukan, maka sisa makanan yang menempel pada gigi akan mengeras sehingga terjadilah yang namanya karang gigi. Kalau sudah begitu, plak gigi akan menyebar ke seluruh bagian gigi sehingga menimbulkan bau tak sedap pada mulut untuk jangka pendek. Bukan cuma itu saja, karena adanya karang gigi, maka penampilan gigi juga akan menjadi jelek. Selain itu juga bisa menimbulkan infeksi pada gusi dan yang pasti bisa mengurangi tingkat kepedean kamu juga lho. Makanya, kamu jangan malas gosok gigi ya.

 

 

Tapi jangan khawatir, karena ada cara alami yang bisa kamu coba di rumah dengan sendirinya untuk membersihkan karang gigi. Jadi kamu tidak harus pergi ke dokter yang bisa menguras isi kantong kamu hanya untuk membersihkan karang gigi saja. Makanya simak ulasan berikut ini ya.

 

Baca juga: Inilah Sejumlah Makanan Sehat Yang Sering Kita Buang

 

 

 

Rajin Menggosok Gigi

 

karang-gigi1
via republika.co.id

 

Untuk cara alami yang paling ampuh dan penting adalah kamu harus rajin untuk menggosok gigi, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Karena dengan menggosok gigi akan menumpas semua sisa-sisa makanan yang ada di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan timbulnya kerak pada gigi. Kamu harus melakukan cara yang pertama ini secara rutin.

 

 

Gosoklah gigi kamu dengan lembut dan lama di arah depan terlebih dahulu. Jangan terlalu keras, karena kalau kamu menggosok gigi terlalu keras, bukan karang gigi yang hilang, tapi kamu akan menyebabkan gusi kamu surut dan gigi menjadi sensitif. Selain itu, kamu bisa menyikat gigi ke arah vertikal. Dengan begitu, seluruh kotoran pada sela-sela gigi kamu akan ikut terangkat.Jadi setiap menyikat gigi, usahakan untuk memeriksa seluruh sela-sela gigi yang bisa menjadi penyebab timbulnya karang gigi. Jangan lupa juga untuk menyikat pada gigi bagian dalam juga ya. Sebab gigi bagian dalam merupakan bagian yang paling banyak menyimpan sisa-sisa makanan. Dijamin deh, cara yang pertama ini ampuh kok.

 

Baca juga: Sebelum Telat, Periksa Kadar Vitamin D Kamu!

 

 

 

Membersihkan Gigi Dengan Siwak

 

karang-gigi2
via kesehatangigi.blogspot.co.id

 

Cara lain untuk membersihkan karang gigi, kamu bisa menggunakan siwak yang diyakini bisa membersihkan karang gigi. Siwak merupakan kayu alami yang tidak berbahaya untuk membersihkan plak gigi. Hanya saja, butuh waktu yang lama dan ketelitian dalam membersihkan karang gigi dengan siwak.

 

Perlu kamu ketahui, sejak zaman nabi Muhammad, siwak ini telah menjadi andalan dan digunakan untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut. Kayu siwak sendiri pada zaman dahulu hanya bisa ditemukan di dataran Arab. Alhasil, cuma orang Arab saja yang menggunakan siwak untuk menggosok giginya. Tapi kini, kayu siwak sudah bisa ditemui di Indonesia. Sehingga orang Indonesia juga bisa dengan mudah mendapatkan siwak. Karena siwak sudah dipakai sejak zaman nabi, maka apabila kamu membersihkan karang gigi dengan siwak, maka kamu juga sudah sekaligus menjalani sunah nabi.

 

 

Lantas bagaimana cara membersihkan karang gigi dengan siwak? Kamu bisa menyikat gigi dengan serat kayu siwak. Setelah itu, melanjutkan menggosok gigi dengan pasta gigi.

 

Baca juga: Penyuka Kopi, Baca Kabar Gembira Yang Satu Ini

 

Mengonsumsi Apel Mencegah Karang Gigi

 

karang-gigi3
via jendelacito.info

 

Kalau kamu ingin membersihkan karang gigi tapi bisa membuat nikmat mulut kamu, maka kamu bisa dengan cara mengonsumsi apel. Yap, kamu bisa makan apel untuk membersihkan karang gigi yang sudah menghilangkan rasa percara diri kamu di hadapan orang lain. Seperti yang kita tahu, buah apel sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita. Selain untuk diet, buah apel juga bisa digunakan untuk membersihkan karang gigi. Kenapa bisa demikian? Karena vitamin C yang terkandung dalam buah apel lah yang telah menumpas karang gigi yang menumpuk. Buah apel sendiri mudah dicari. Kamu bisa membelinya di pasar atau toko buah dekat rumah kamu. Jadi kamu tidak perlu repot-repot dan buang waktu untuk pergi ke dokter gigi hanya karena ingin membersihkan karang gigi. Cukup makan buah apel, karang gigi pada gigi kamu akan hilang. Perlu jadi perhatian, kalau kamu ingin membersihkan karang gigi dengan buah apel, kamu harus makan apel secara rutin. Jangan lupa ya.

 

Baca juga: Gawat! Indonesia Mengalami Darurat Dokter Gigi Lho

 

 

 

Minum Air Putih Dan Berkumur Untuk Mencegah Karang Gigi

 

karang-gigi4
via tabloidnova.com

 

Nah, untuk cara yang terakhir untuk membersihkan karang gigi adalah dengan minum air putih. Ini adalah cara yang paling sederhana dan ampuh dibanding dengan cara-cara yang sebelumnya. Seperti yang kita tahu, air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh. Selain bisa melancarkan pencernaan dan juga membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh, minum air putih juga bisa membersihkan karang gigi lho.

 

 

Caranya, kamu harus rutin minum air putih setiap harinya. Sangat dianjurkan untuk minum air putih 8 gelas dalam sehari. Nah, kalau kamu ingin membersihkan karang gigi dengan air putih, kamu cukup berkumur selama kurang lebih 3 sampai 5 menit. Dengan begitu, dijamin deh karang yang bersarang pada gigi kamu langsung bersih putih berseri. Pastinya, bisa kembali meningkatkan rasa percaya diri kamu deh.

 

Nah, itulah tadi 4 cara alami untuk membersihkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter. Selama masih bisa dibersihkan dengan cara yang alami, lalu untuk apa pergi ke dokter kan? Bukan cuma itu, cara alami juga sangat minim efek samping berbahayanya. Jadi sangat cocok banget buat kamu yang ingin membersihkan karang gigi tanpa harus pergi ke dokter. Dari keempat cara di atas, cara mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini ya. Jangan lupa juga untuk share artikel ini. Siapa tahu orang lain atau teman kamu juga butuh informasi semacam ini. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel selanjutnya ya.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori