Lakukan 5 Cara Ini Untuk Memblokir YouTube

YouTube memiliki konten video yang bisa diakses semua orang, termasuk anak di bawah umur. Buat kamu yang ingin blokir YouTube bisa ikuti cara di bawah ini.
0
Lakukan 5 Cara Ini Untuk Memblokir YouTube
0 (0%) 0 votes
youtube

Youtube merupakan sebuah situs web video yang memungkinkan penggunanya bisa mengunggah, menonton, bahkan berbagi video dengan pengguna internet lainnya yang ada di seluruh dunia. Ada banyak konten video yang bisa kamu upload  dan kamu saksikan di Youtube, mulai dari tutorial, berita, video klip, film, bahkan kehidupan pribadi kamu yang biasa disebut sebagai video blog alias vlog. Selain itu, Youtube juga memiliki banyak banget manfaat. Karena selain kamu bisa memasarkan produk dengan sarana iklan gratis, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan juga sebagai sarana hiburan saat merasa jenuh di kantor.

 

 

Tapi jangan salah, ada juga hal lain yang perlu kamu ketahui lebih jauh tentang Youtube. Situs web yang merupakan anak perusahaan dari Google ini juga punya kekurangan yang bisa membahayakan penggunanya lho. Apa saja? Misalnya saja seperti informasi yang menyesatkan dan juga video-video porno yang bisa merusak moral generasi penerus kamu nantinya. Ini yang harus diperhatikan. Makanya, kamu harus hati-hati dalam menggunakan Youtube, terutama untuk anak di bawah umur.

 

 

Nah, agar video yang berbau negatif tersebut tidak sampai tertonton oleh anak kamu atau bahkan adik kamu yang masih di bawah umur, maka yang harus kamu lakukan adalah memblokirnya. Lantas bagaimana caranya? Jangan khawatir, karena Hello-Pet akan membantu kamu untuk memblokir beberapa atau semua kategori video Youtube, baik melalui komputer maupun gawai kamu yang lain. Tapi sebelum kita bahas lebih jauh mengenai cara-caranya, ada baiknya terlebih dulu membahas tentang sejarah Youtube itu sendiri. Oke, simak baik-baik ya artikelnya.

 

Baca juga: 15 Foto Artis Cantik Youtuber Indonesia

 

 

 

 

Sejarah Youtube

 

 

Kalau kita mengacu pada Wikipedia, YouTube itu dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Yap, merekalah yang memiliki peran penting di Youtube. Mereka mendirikan Youtube pada 14 Februari 2005 silam dan memiliki kantor pertamanya di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California, Amerika Serikat.

 

 

 

Kabarnya sih, ide membuat Youtube ini dikembangkan oleh Hurley dan Chen pada bulan-bulan pertama di tahun 2005 silam. Saat itu mereka baru saja mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di sebuah apartemen milik Chen yang berlokasi di San Francisco. Sayangnya, saat itu Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi.

 

 

Youtube sendiri telah mendapatkan dana investasi dari Sequoia Capital senilai 11,5 juta dollar AS yang menjadikan Youtube sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan dengan video pertamanya yang berjudul Me at the zoo. Video tersebut telah diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan sampai saat ini video tersebut masih ada di Youtube. Untuk menampilkan berbagai macam konten video di situs webnya, mereka telah menggunakan teknologi Adobe Flash Video dan juga HTML5.

 

 

 

Kemudian pada bulan Juli 2006, pertumbuhan situs ini mulai meroket. Youtube mengumumkan bahwa lebih dari 65 ribu video telah diunggah ke Youtube setiap harinya dan ada 100 juga kunjungan video per harinya. Oiya, menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, Youtube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. Nah, Alexa sendiri telah menempatkan YouTube sebagai situs kedua yang paling banyak dikunjungi pengguna internet di seluruh dunia setelah Google.

 

Baca juga: Kumpulan Foto Artis Indonesia Youtuber Pria

 

 

 

 

Aktifkan Mode Terbatas Untuk Memblokir Konten YouTube

 

 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memblokir Youtube adalah dengan mengaktifkan modus terbatas. Caranya, kamu bisa kunjungi Youtube melalui peramban utama kamu di komputer, setelah itu, kamu masuk lewat akun Google kamu, arahkan ke menu Restricted Mode, kemudian klik pilih On dan pilih Lock Restricted Mode dan kemudian di Save. Dengan aktivasi modus terbatas, kamu bisa menonton video Youtube namun tetap ingin membatasi anak-anak agar menonton video yang memang berguna dan layak untuk ditonton. Jangan lupa untuk mengulangi langkah-langkah tadi pada peramban lain di komputer kamu ya.

 

Baca juga: Lihat Presiden Jokowi Meledek Kaesang di Depan YouTubers!

 

 

 

 

Blokir Youtube Pada Satu Komputer

 

 

Selanjutnya kamu bisa blokir Youtube pada satu komputer. Caranya, kamu buka berkas hosts pada komputer kamu. Berkas hosts ini sendiri bisa kamu temui pada alamat direktori sebagai berikut: C:\Windows\System32\drivers\etc. Nah, kalau sudah, kemudian kamu klik kanan berkas dan pilih “Open With” dan pilih “Notepad”. Cara tersebut berlaku untuk kamu yang menggunakan sistem operasi Windows ya. Selanjutnya, kamu ketikkan 127.0.0.1 www.youtube.com pada baris kosong yang baru. Kemudian kalau sudah, kamu tinggal klik simpan dan tutup berkas deh.

 

Baca juga: Inilah YouTubers Berpenghasilan Terbesar Selama 2015 Versi Majalah Forbes

 

 

 

 

Blokir Youtube Pada Jaringan

 

 

Selanjutnya, kamu bisa blokir Youtube pada jaringan. Caranya, pertama-tama kamu buat dulu sebuah akun di OpenDNS yang bisa kamu gunakan secara gratis. Kamu bisa membuatnya di http://opendns.com/home-internet-security/. Perlu kamu ketahui, ini adalah pembuatan akun OpenDNS versi penggunaan rumah ya.

 

 

Langkah selanjutnya kamu buka peramban pada komputer yang sudah terhubung ke jaringan dan buka halaman konfigurasi perute kamu dengan mengetikkan IP Address di kolom url. Untuk login-nya, pada umumnya menggunakan id dan password ‘admin’. Kemudian buka menu “Wan” atau “Internet” dan sesuaikan server DNS kamu dengan server OpenDNS. Setelah itu, kamu masuk ke halaman dasbor OpenDNS kamu, kemudian tambahkan jaringan rumah kamu pada tab “Setting”, konfirmasikan jaringan kamu pada surel yang kamu terima. Masih di dalam dasbor, kamu buka menu “Web Content Filtering” dan masukkan alamat Youtube ke daftar “Manage individual domains”.

 

 

 

 

Baca juga: Youtubers Lulu Anggriani Malah Risih Jadi Terkenal?

 

 

 

 

 

Cara Blokir Youtube Pada iPhone

 

 

Pertama kamu buka menu pengaturan pada perangkai iOS kamu, kemudian pilih “General” dan pilih Restrictions, sentuh “Enable Restrictions” dan buat passcode. Sentuh “Website” pada bagian “Allowed Content”, sentuh “Limit Adult Content”, sentuh “Add Website” pada bagian “Never Allow”, masukkan URL Youtube. Kemudian kamu bisa kembali ke menu utama”Restrictions” dan geser alihan “Installing Apps”. Terakhir, kamu hapus deh aplikasi Youtube dari perangkat kamu.

 

 

 

 

Blokir Youtube Pada Android

 

 

Pertama-tama kamu unduh dulu pengelola berkas untuk menemukan berkas hosts yang nantinya digunakan untuk memblokir Youtube. Kamu bisa download ES File Explorer di Google Play Store. Kalau sudah diunduh, kamu buka aplikasi tersebut, kemudian kamu sentuh tombol “/” yang akan membawa kamu ke direktori utama perangkat. Kemudian buka direktori “System” dan pilih direktori “etc”. Sentuh berkas hosts dan pilih “Text”. Kemudian kamu pilih aplikasi penyunting teks dari daftar aplikasi yang muncul. Mulailah dengan garis teks baru pada berkas hosts dan blokir situs utama Youtube dengan memasukkan alamat seperti 127.0.0.1 www.youtube.com.

 

 

 

Nah, beres deh. Dengan adanya cara-cara di atas, kamu bisa dengan aman untuk menonton video di Youtube tanpa merasa takut dengan apa yang akan akan ditonton oleh anak kamu di rumah. Semoga cara di atas berhasil ya. Selamat mencoba.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori