Mau Pergi Camping? Ke 7 Pantai Yogyakarta Ini Saja!

Camping gak selalu di gunung lho, bisa juga kemah ke pantai - pantai cantik di Yogyakarta ini. Pasti bikin camping kamu lebih menarik!
0
Mau Pergi Camping? Ke 7 Pantai Yogyakarta Ini Saja!
0 (0%) 0 votes
Pantai Pok Tunggal

Yogyakarta bisa menjadi gudangnya keseruan, betapa tidak Yogyakarta selalu memiliki sejuta daya tarik. Kota ini begitu unik dan selalu bisa membuat kita merasa rindu. Berbagai tempat wisata telah tersedia di berbagai penjuru Yogyakarta. Selain bisa jalan-jalan santai, kamu yang suka berpetualang bisa banget berpetualang seru di Yogyakarta.

 

 

Bagi kamu yang suka camping di pantai, Yogyakarta ternyata menyediakan pantai-pantai seru untuk dinikmati semalaman. Bersama api ungun, tenda dan menikmati deburan ombak di pantai Yogyakarta bakal jadi kenangan yang manis buat kamu. Nah, sudah penasaran pantai mana aja yang bisa dijadikan tempat camping selama berada di Yogyakarta? Berikut pantai – pantai tersebut.

 

 

 

Camping Di Pantai Kesirat Gunungkidul

 

Berada di pantai Kesirat kamu bisa menemukan view sunset yang cantik. Kamu juga akan menemukan pohon kokoh yang berdiri di bibir tebing. Di sekitar pohon terdapat lahan berumput yang bisa kamu gunakan mendirikan tenda. Pantai Kesirat berada di atas tebing, jadi jangan berharap untuk bisa bermain pasir di sini. Menurut cerita warga sekitar pantai Kesirat menjadi salah satu tempat terbaik untuk rock fishing. Rock fishing merupakan istilah yang digunakan untuk memancing dari atas ketinggian tebing.

 

Baca Juga: 7 Wisata Alam Menarik Wajib Dikunjungi Di Ciamis

 

Pantai Kesirat berada di Desa Gorokarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Mencapai pantai ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau motor selama 1 hingga 2 jam dari Kota Yogyakarta. Ada dua jalur yang bisa kamu lewati, yang pertama lewat Jalan Raya Wonosari atau melalui Jalur Imogiri – Panggang. Jalur Imogiri – Panggang bisa menjadi akses terdekat dan tercepat, kamu bisa menghemat waktu hingga 30 menit untuk sampai ke Pantai ini dari Kota Yogyakarta. Mencapai lokasi bibir tebing, kamu perlu berjalan kaki melewati jalan setapak.

 

Alamat  : Desa Gorokarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta – Jalan Imogiri Timur –  Solopamioro – Pohon Beringin Besar di tengah jalan ambil kanan – Pantai Kesirat

 

 

 

Wisata Pantai Drini Gunungkidul

 

Kawasan Pantai Drini terkenal dengan pulau karang yang ada di dekatnya. Berada di pantai Drini kamu bisa melihat pemandangan kapal nelayan yang berjajar warna warni. Di bagian timur pantai tersedia gazebo-gazebo yang biasa digunakan wisatawan untuk menikmati pantai Drini. Sambil menikmati angin semilir bisa memesan makanan dan minuman yang dijual di sekitar pantai.  Di sisi timurnya lagi terdapat teluk serupa laguna besar dengan dihiasi rumput, karang dan tak ketinggalan berbagai biota laut.

 

 

Pantai Drini memiliki perairan yang dangkal dengan ombak yang tenang sehingga kamu akan menikmati bermain air di pantai ini. Nama pantai ini bermula saat dulu banyak ditumbuhi santigi (Pemphis acidula) atau masyarakat setempat menyebutnya drini. Ada pulau kecil ditengah pantai yang bisa didatangi saat air sedang surut. Komposisi air laut yang jernih berwarna biru kehijauan, karang di sekitar pantai, dan langit biru menjadi sesuatu yang sangat sempurna. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta bisa menghabiskan sekitar 2 jam perjalanan menuju pantai ini.

 

Alamat  : Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta – Piyungan – Wonosari lalu ke  Indrayanti – Sundak – Krakal – Pantai Drini

 

 

 

Pantai Ngrumput Gunungkidul

 

Konon menurut cerita setempat  di sisi timur pantai Ngrumput kamu akan menemukan sebuah telapak kaki bidadari dan di bekas telapak kaki tersebut muncul air tawar. Bekas telapak kaki ini bisa menjadi hal yang unik karena ada air tawar di area air asin. Di pantai ini kamu akan dimajakan dengan pasir putih yang dipadu dengan batuan karang yang eksotis.

 

 

Pantai Ngrumput berjarak kurang lebih 1 km sebelah timur Pantai Drini. Mencapai pantai ini bisa kamu capai dengan susur pantai atau melewati jalan setapak perbukitan dari pantai Drini. Susur pantai saat surut akan membutuhkan waktu 10 hingga 15 menit, sementara jika lewat bukit akan memakan waktu 30-45 menit.  Jika dari kota Yogyakarta kamu bisa menempuh kurang lebih 2,5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.

 

Alamat  : Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta– Wonosari – Tepus – Indrayanti – Krakal – Pantai Drini – Pantai Ngrumput

 

Baca Juga: Tempat Wisata Bantul Yogyakarta Yang Hore Banget

 

 

 

 

Pantai Greweng Gunungkidul

 

Berkunjung ke pantai Greweng akan terasa seperti berlibur ke private beach. Wajar saja pantai ini masih sepi dan alami. Bersantai di pantai ini bisa bisa membuat kamu lupa waktu saking indahnya. Pantai ini sepi karena jarang dikungjungi wisatawan dan tentunya pantai ini bersih.

 

 

Pantai ini bisa dicapai dengan berjalan kaki dari pantai Wedi Ombo ke arah timur. Waktu yang bisa kamu tempuh untuk berjalan kaki kurang lebih 60-90 menit. Kamu juga bisa melalui Pantai Jungwok untuk menuju Pantai Greweng. Setelah parkir kendaraan di Pantai Jungwok kamu bisa berjalan kurang lebih 20 menit menuju pantai Greweng. Dari kota Yogyakarta kamu akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam sebelum menikmati keindahan Pantai Greweng.

 

Alamat  : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunugkidul

Rute       : Yogyakarta – Piyungan – Patuk – Gading – Tepus – Ndkbong – Purwodadi – Balong – Pasar Jepitu – Pantai Wedi Ombo – Pantai Greweng

 

 

 

Pantai Jungwok Gunungkidul

 

Pantai Jungwok bisa jadi pantai selanjutnya yang bisa kamu jadikan tempat camping. Pantai ini masih alami dan jarang dikunjungi, jadi cocok banget untuk kamu jadikan tempat menikmati bintang dan bulan malam hari. Di area Pantai Jungwok terdapat sebuah batu karang besar yang ditumbuhi tanaman hijau. Warga setempat menyebut batu karang ini sebagai Watu Topi. Kamu yang suka memancing, bisa menyalurkan hobi di pantai ini. Sekitar Watu Topi adalah spot memancing yang strategis.

 

 

Perjalanan dari kota Yogyakarta menuju pantai Jungwok akan menempuh waktu kurang lebih 2 jam dengan kendaraan pribadi. Pantai ini berdekatan dengan lokasi pantai Wediombo.

 

Alamat  : Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta – Wonosari diteruskan ke kawasan  Tepus – Jepitu –  Ikuti petunjuk ke arah Pantai Wediombo – Sebelum parkiran pantai Wediombo ikuti petunjuk ke arah Pantai Jungwok

 

 

 

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

 

Pantai Pok Tunggal menyimpan pemandangan sunset terbaik di kota Yogyakarta. Rugi banget dong kalo kamu melewatkan camping di pantai ini. Menikmati semburat jingga dan detik-detik tenggelamnya matahari akan menjadi moment yang tak pernah kamu lupakan. Pantai ini cukup ramai, bukan hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun jatuh cinta pada kecantikan pantai Pok Tunggal. Nama Pantai Pok Tunggal bermula karena adanya sebuah pohon langka yang saat ini masih berdiri disana. Pohon ini bernama Pohon Duras (Pok Tunggal).

 

Baca Juga: Ssst… Rahasia! Ada 7 Surga Tersembunyi Di Yogyakarta

 

Keunikan lain dari pantai ini adalah adanya mata air tawar yang mengalir dari sungai bawah tanah daerah karst. Pantai ini berada di antara Pantai Indrayanti dan Pantai Siung.Pantai ini memiliki hamparan pasir putih pantai Pok Tunggal diapit tebing karang pada sisi Timur dan Barat. Perjalanan dari pusat kota Yogyakarta akan menempuh jarak sekitar 70 km atau kurang lebih 2 jam. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Kamu akan melewati jalan berbatu sebelum sampai ke pantai.

 

Alamat  : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta – Patuk – Gading- Wonosari- Tepus – Pantai Pok Tunggal

 

 

 

Pantai Kosakora Gunungkidul

 

Camping di pantai Kosakora kamu bisa merasakan camping di dua tempat sekaligus. Serasa camping di pegunungan sekaligus mendengarkan deburan ombak. Dari pantai Kosakora kamu bisa menikmati pemandangan landscape samudra Hindia.

 

 

Perjalanan kamu akan memakan waktu selama 2 jam dari pusat kota Yogyakarta, kamu harus melanjutkan lagi dengan berjalan kaki sekitar 2 km untuk sampai ke Pantai Kosakora. Awal perjalanan dengan berjalan kaki kamu akan melihat pemandangan lading penduduk hingga kamu sampai pada sebuah padang rumput yang cukup luas. Tidak berhenti disitu kamu harus berjalan lagi menuju Pantai Ngrumput kemudian menaiki tangga dari batuan karst dan sampai pada Puncak Kosakora. Pantai ini berada di deretan pantai-pantik cantik Yogyakarta mulai dari Pantai Watu Kodok, Pantai Drini, Pantai Ngrumput, Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup. Berdiri di puncak Kosakora kamu juga bisa melihat mercu suar yang berada di pantai Baron.

 

Alamat  : Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

Rute       : Yogyakarta – Wonosari – Baron – Tanjungsari- arah ke Pantai Drini – Pantai Kosakora

 

 

 

Itulah 7 pantai di Yogyakarta yang selain cantik bisa menjadi lokasi kamu untuk camping. Jadi selain menikmati panorama garis pantai dan suara ombak yang indah kamu bisa sambil berpetualang dan menikmati milky way  saat malam hari. Tentu pengalaman camping di pantai-pantai ini akan menjadi kenangan liburan yang menyenangkan.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori