Buruh Sepakat Bahas Sistem Outsourching dan Magang!

Peringati May Day atau Hari Buruh Internasional, rupanya massa yang menggelar aksi unjuk rasa meminta pemerintah untuk segera menghapus sistem...
0
Buruh Sepakat Bahas Sistem Outsourching dan Magang!
0 (0%) 0 votes
buruh

Peringatan Hari Buruh Internasional yang jatuh setiap tanggal 1 Mei rupanya menjadi salah satu ajang bagi para massa buruh menyuarakan pendapat dan aspirasinya. Tidak heran jika setiap tanggal 1 Mei sejumlah titik kantor pemerintahan dipadati oleh massa buruh yang menggelar aksi unjuk rasa. Hal ini juga dilakukan oleh massa buruh yang berasal dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia mengegalr aksi yang sama.

 

Bertempat di Jalan Medan Merdeka Barat, sejumlah massa buruh berbondong-bondong membawa sejumlah spanduk yang menyoroti sistem kerja dari outsourching dan magang. Hal ini juga dibenarkan oleh Presiden dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia yang memang meminta pemerinath agar menghapus sistem outsourching.

 

Pria yang bernama Said Iqbal tersebut menjelaskan jika sistem outsourching pada beberapa tahun belakangan menjadi kian marak diterapkan oleh banyak perusahaan. Padahal, seperti yang telah diketahui sistem outsourching sendiri hanya diperbolehkan untuk lima jenis pekerjaan saja. Hal ini juga sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan No. 19.

 

Tak hanya itu saja, massa buruh juga menyinggung sistem magang yang dinilai hanya memanfaatkan pekerja saja. Apalagi, dalam sistem magang juga tidka mengenal sistem gaji seperti yang biasa didapatkan oleh pekerja tetap. Kendati mendapatkan tugas yang hampir sama dengan pekerja tetap, pekerja magang hanya memperoleh uang transport atau uang makan saja. Said juga menjelaskan jika sistem magang melanggar undang-undang dan dapat merusak perlindungan bagi kaum buruh.

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori