Perilaku Bullying Bisa Disebabkan Oleh Faktor Orang Tua

Kasus perundungan atau bullying dikalangan pelajar membuat resah orang tua. Namun ternyata orang tua juga ambil andil dalam membentuk karakter pelaku bullying
0
Perilaku Bullying Bisa Disebabkan Oleh Faktor Orang Tua
0 (0%) 0 votes
Bullying

Kasus perundungan atau bullying semakin marak ditemukan akhir-akhir ini. Tentu fenomena ini sangat meresahkan terutama bagi orang tua.

 

Menurut sekaligus Dekan Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Muhammad Iqbal, mengatakan bahwa orang tua juga berperan dalam fenomena kekerasan verbal maupun fisik ini. Iqbal mengatakan banyak hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kejadian seperti ini.

 

Pria yang juga berprofesi sebagai psikolog konseling tersebut juga mengatakan semua anak berpotensi menjadi korban ataupun pelaku bullying. Dan hal ini terpengaruh dari bagaimana perlakuan perlakuan orang tua membetuk akhlak sang anak. Banyak orang tua yang mengedepankan prestasi anak daripada akhlak dan perilaku sosial anak.  Sehingga mereka tak pernah tahu bagaimana anak mereka bersosialisasi dengan orang lain.

 

Agar anak tak jadi pelaku bullying, orang tua harus peka dengan lingkungan sang anak, dengan siapa dia berteman, dan bagaimana karakter temannya. Jika anak bergaul dengan tukang bully maka sang anak juga akan mengikuti jejak yang sama.

 

Untuk itu diperlukan komunikasi yang baik kepada anak. Iqbal juga menyarankan untuk tidak memarahi anak pelaku bully, karena justru membuat anak marah dan melampiaskan amarahnya kepada korban bully. Yang harus dilakukan adalah mengarahkan si anak beserta menunjukan contoh yang tepat, misalnya remaja masjid atau remaja gereja atau contoh baik lainya. Memang tak mudah perilaku tersebut, kesabaran dan komunikasi yang terus menerus menjadi kunci utama.

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori