Bugatti Chiron, Mobil Terkencang di Dunia Saat Ini

Bugatti Chiron yang selama ini dinanti-nanti akhirnya diungkapkan pada Geneva Motorshow 2016. Mobil tercepat di dunia ini benar-benar mantap, mengesankan! Jangan sampai kamu tak tahu mobil ini...
0
Bugatti Chiron, Mobil Terkencang di Dunia Saat Ini
0 (0%) 0 votes
06032016 Bugatti Chiron

 

Geneva Motorshow 2016 yang berlangsung dari 3 Maret 2016 hingga 13 Maret 2016 menampilkan banyak mobil baru. Salah satunya adalah Bugatti Chiron yang ditunggu-tunggu. Yang katanya adalah mobil tercepat di dunia. Coba bandingkan, bagusan mana dengan Aston Martin DB11?

 

Bugatti Chiron, mobil super tercepat di dunia

Supaya tak penasaran, yuk kita cek Bugatti Chiron ini lewat video berikut

 

Nama Chiron ini dipilih karena Louis Chiron adalah juara 5 kali French Grand Prix tahun 1949, dan merupakan pembalap favorit pabrik Bugatti.

 

Btw, pengucapan kata Chiron yang benar adalah dengan aksen Perancis, yang kalau diterjemahkan dengan pengucapan bahasa Indonesia, seperti ditambahkan huruf ‘g’ diakhir kata, dieja dengan “Chirong”. Perhatikan pengucapannya dalam video.

 

Louis Chiron sang legenda Bugatti

 

Bugatti Chiron yang termurah dibandrol dengan harga €2,4 juta sebelum pajak. Atau sekitar 34 miliar Rupiah, sebelum kena pajak dan biaya pengiriman. Jadi, harga Chiron yang termurah pun hampir 2 kali lipat harga seri Bugatti sebelumnya, Bugatti Veyron.

 

Yang membuat Bugatti Chiron menarik perhatian adalah ketangguhan mobil ini. Dengan daya 1.500 HP(horse power=daya kuda) dan kecepatan maksimal 420km/jam, Chiron sekitar 4,8km/jam lebih cepat dari Veyron, yang cuma punya daya 1.200HP.

 

Tetapi Chiron punya pembatas kecepatan. Jika tidak, kecepatan maksimalnya bisa mencapai antara 458 km/jam hingga 461km/jam. Ini bisa dilihat speedometernya, dengan batas kecepatan 500km/jam. Wah! Gimana rasanya, ya?

 

Kecepatan hingga 500km/jam. Fantastis!

Lalu, Chiron ini bisa mencapai 99,7km/jam hanya dalam waktu 2,5 detik. Keren banget!

 

 

Seperti Veyron, Chiron punya mesin W16 8 liter, yang terdiri dari 4 tabung 4 silinder, tapi punya kekuatan 25% lebih besar dari Veyron. Tetapi, 25% lebih besar daya bukan berarti kecepatan naik 25%, karena pada kecepatan tinggi, resistensi angin juga meningkat, menurut Prof. Will Stewart dari Institut Teknik dan Teknologi. Untuk mencapai 2 kali kecepatan, dibutuhkan daya sebanyak 8 kali. Jadi Chiron menggunakan bahan ringan Titanium dan serat karbon untuk meningkatkan rasio daya dibanding berat nya Chiron.

 

Semua penjelasan teknisnya bisa kamu tonton pada video berikut

 

Tetapi jika kamu sedang malas mikir, berikut adalah intisari dari penjelasan video ini.

 

“Sebuah mobil super pada dasarnya adalah datar di bagian bawah dan melengkung di atas, sehingga udara akan di atas berjalan lebih cepat, menciptakan efek angkat –efek Bernoulli,” kata Prof Stewart.
“Tapi kita tak ingin terangkat, sehingga Anda menempatkan aerofoil besar di belakang untuk menjaga mobil tetap di jalan, yang menciptakan tarikan –musuhnya kecepatan.”

 

Interior Bugatti Chiron yang mewah banget

 

Jadi untuk memenuhi tantangan ini, Bugatti telah menciptakan sebuah sistem suspensi sasis serba baru, yang bisa menyesuaikan tergantung pada kondisi mengemudi.

 

Ada lima mode, bekerja bersama-sama dengan berbagai fitur aero-stabilitas –flaps, spoiler, diffusers –yang semuanya dirancang untuk membuat Chiron melayang di udara lebih efisien dan mendinginkan mesin dan rem. Bahkan spoiler belakang yang dinamis, otomatis menyesuaikan posisinya sesuai dengan kondisi berkendara.

 

Mobil ini juga memerlukan sistem pendingin baru untuk mengusir panas mesin ekstra. Chiron memiliki 10 radiator, dan pompa yang mengedarkan 60.000 liter udara dan 800 liter air melalui mesin setiap menit.

 

Jika salah satu fitur terlalu banyak “kebebasan”, maka  produk akhir menjadi tidak seimbang, kata Mr Durheimer. Namun, “Jika Anda ingin menjadi yang terbaik, Anda juga tidak bisa berkompromi.”

 

Kekuatan besar Chiron dan kecepatannya berarti membangun sistem pengereman baru.
Bagian depan dan rem belakang cakram sekarang 20mm lebih besar dan 2mm lebih tebal. Tapi, yang terbuat dari bahan karbon-silikon, beratnya berkurang. Cakram yang dicengkeram oleh kaliper piston titanium ringan, delapan di depan dan enam dibelakang.

 

Baca juga: Aston Martin Versi James Bond Dijual Secara Bebas

 

source: BBC BBC Auto

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori