Biaya Pembuatan SIM di Jepang Mencapai Rp 50 Juta!

0
Biaya Pembuatan SIM di Jepang Mencapai Rp 50 Juta!
0 (0%) 0 votes
sim 50 juta

Di Jepang, membuat SIM jauh lebih rumit dibandingkan di Indonesia. Nggak cuma lebih rumit, tapi juga lebih mahal. Menurut penuturan Deden Agung Batin Buana Ego Justhon Tohir, warga Indonesia yang sudah lama menetap di Jepang, sebelum mendapatkan SIM, calon pemegang SIM wajib mengikuti sekolah mengemudi lebih dulu.

 

Tahu berapa biaya untuk sekolah mengemudi di Jepang? Rata-rata menarik ongkos antara 350.000 yen sampai 410.000 yen, tau setara Rp 42,8 juta hingga Rp 50,2 juta. Dengan biaya segitu, si siswa akan mendapati 31-34 jam praktek dan 21-26 jam teori.

 

“Waktunya fleksibel bisa diatur sesuai jadwal yang kita bisa, Sebelum praktek ada simulasi, 1 hari praktek 2 jam, pas belajar dibagi kategori lagi, ada transmisi manual dan matik. Nanti ada juga pelajaran seperti memberikan pertolongan nafas buatan dan mengganti ban,” ujar Deden seperti dikutip di situs Otomania.com.

sim dengan garis biru
Source: lucky-japan.blogspot.com)

 

Begitu siswa merampungkan sekolah mengemudinya, ia langsung dijadwalkan untuk ikut ujian SIM yang dilakukan di kantor pusat pembuatan di masing-masing domisili. Ada dua jenis tes yang diberikan kepada calon pemegang SIM, yakni teori dan praktek, dan masing-masing ada minimal nilainya. Kalau nggak memenuhi standar, ia harus ikut tes susulan.

 

“Setelah lulus kita baru diberikan SIM, tetapi baru diberikan garis berwarna hijau (pemula). Kalau ujian tidak lulus kita harus ujian ulang dengan biaya 5.000 yen, biasanya ujian praktek yang harus dua kali dan jika yang baru belajar SIM, mobil tersebut akan diberikan stiker,” kata Deden.

sim dengan garis hijau
Source: rwdadd.wordpress.com)

 

Masa berlaku SIM di Jepang menurut Deden juga nggak seperti di Indonesia yang berlaku 5 tahun. Di Jepang, untuk SIM yang berwarna hijau berlaku hanya tiga tahun, biru 5 tahun, dan yang berwarna emas 5 tahun. “Kalau hijau itu pemula, biru yang sudah punya SIM sebelumnya dan emas orang yang belum pernah melakukan pelanggaran selama di jalan,” ucap Deden.

 

sim dengan garis emas
Source: accessj.com

 

Source: http://www.otomania.com/read/2015/09/29/151900330/Proses.Bikin.SIM.di.Jepang.Biayanya.Rp.50.Juta?utm_source=WP&utm_medium=box&utm_campaign=Kknwp

 

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori