‘Bertemu’ Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan Cirebon

0
‘Bertemu’ Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan Cirebon
0 (0%) 0 votes
Lukisan Prabu Siliwangi

Bagi kamu yang suka dengan sejarah, berwisata ke Keraton Kasepuhan Cirebon mungkin bisa dicoba sesekali. Nah, di tempat bersejarah itu, terdapat lukisan besar yang memperlihatkan gambar tokoh Prabu Siliwangi. Jangan melewatkannya begitu saja! Pasalnya, lukisan tersebut ternyata menyimpan sejumlah misteri yang selalu menarik banyak pengunjung untuk melihatnya.

 

Dalam lukisan itu digambarkan Prabu Siliwangi sedang berdiri dengan mahkota dan jubahnya. Tangan kirinya terlihat memegang sebuah keris, sedang di bawahnya ada seekor macan yang mendampingi. Namun, bukan itu yang menghadirkan kemisterian dari sosok Prabu Siliwangi dalam lukisan itu. Rupanya, mata hingga kaki Prabu Siliwangi dalam lukisan itu diyakini bisa bergerak.

 

Serupa dengan lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci yang terkenal karena matanya bisa bergerak ke arah orang yang melihatnya, maka lukisan Prabu Siliwangi ini juga dipercaya memiliki kemampuan itu. Saat melihat lukisan tersebut, Prabu Siliwangi memang tampak bergerak mengikuti arah orang yang sedang melihatnya. Dari arah mana pun, maka dia juga akan melihat ke sana.

 

Lukisan tersebut sendiri dibuat oleh Ridho, pelukis dari Desa Sancang, Garut, Jawa Barat, yang dipercaya sebagai tempat menghilangnya Prabu Siliwangi. Sebelum membuat lukisan itu pada 2004, menurut pemandu wisata Keraton Kasepuhan Cirebon, Feri, Ridho mengaku didatangi Prabu Siliwangi dalam mimpi usai melakukan puasa dan takafur. Namun, sejumlah seniman yang telah melihatnya menyimpulkan bahwa lukisan Prabu Siliwangi itu adalah sebuah ilusi optik. Nah, jika kamu ingin datang, lokasinya berada di Jalan Jagasatru, Cirebon, dengan tiket Rp 15.000.

 

Sumber: Kompas

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori