Berkuda Bisa Bantu Atasi Masalah Mental Lho!

Banyak cara dilakukan untuk melakukan pengobatan kesehatan mental. Salah satunya adalah terapi dengan menggunakan media kuda. Penasaran? Cek di sini.
0
Berkuda Bisa Bantu Atasi Masalah Mental Lho!
0 (0%) 0 votes
000001horsetheraphy

Ketika dikombinasikan dengan psikoterapi tradisional, aktivitas yang melibatkan kuda dapat membantu orang yang menderita berbagai kondisi mental, termasuk depresi dan ADHD. Manusia dan kuda sudah membina hubungan saling menguntungkan yang sehat selama berabad-abad — penelitian membuktikan masyarakat terlebih dahulu memelihara jenis ungulata 6.000 tahun yang lalu di wilayah padang rumput eurasia barat. Berubah dari fungsinya yang sederhana sebagai hewan pengangkut atau transportasi alat mereka di masa lalu, kuda di masa sekarang telah menjadi pemeran penting dalam rehabilitasi mental untuk banyak orang di dunia.
horseback-riding
source: pmgawareness.org

Equine-assisted Therapy

Terapi jenis ini adalah perlindungan berjangka yang meliputi beberapa aktivitas terapi yang melibatkan kuda. Misalnya hippotherapy yang memanfaatkan gerakan kuda untuk fisik, okupasi atau terapi bicara, dan telah digunakan untuk mengobati masalah motorik dan sensorik berkaitan dengan cerebral palsy, multiple sclerosis, dan stroke. Meski kuda telah digunakan untuk terapi fisik sejak abad ke lima sebelum masehi, penerapan hippotherapy secara resmi belum dikeluarkan sampai sekitar tahun 1960an.

Di lain pihak, equine-assisted psychotherapy (EAP) — tipe psikoterapi yang menggunakan kuda untuk menolong perawatan masalah psikologis dan perilaku — adalah aktivitas terbaru yang belum dilakukan secara meluas, ungkap Hallie Sheade, konselor profesional berlisensi yang menjalankan Equine Connection Counseling, sebuah praktik EAP di Texas. “Hal ini sangat menggembirakan dan berkembang secara cepat,” ujarnya.

EAP Therapy
source: givingtrax.com

Bagaimana Cara Kuda Membantu

Saat para peneliti memahami bagaimana gerakan ritmis kuda dapat membantu masalah motorik dan sensorik, ada satu hal yaitu bagaimana kuda membantu masalah perilaku dan mental belum sepenuhnya diketahui.

“Mekaniskme tindakan ini belum diketahui dengan baik untuk terapi equine-assisted dengan hubungan pada aktivitas non psikologis dan non mobilitas,” ujar Alexa Smith-Osborne, seorang profesor pekerjaan sosial di University of Texas di Arlington yang memelajari equine-assisted therapy. “Namun demikian, dalam praktir dasarnya, ada beberapa perspektif teoritis.”

Satu hal, kuda termasuk hewan mangsa. Karena itulah kuda paling bisa menyesuaikan diri dengan aktivitas lingkungan manusia dan sensitif dengan keadaan emosi manusia daripada anjing atau hewan lain yang biasa digunakan untuk membantu terapi.

“Mereka mampu membaca atau menjadi waspada bagaimana perasaan pasien sebelum saya menyadarinya,” ujar Sheade. “Kuda akan memberikan umpan balik kepada klien, seperti bergerak maju ke arah klien atau menjauh.”

Sebagai tambahan, kuda bertubuh besar dan kuat sehingga berpotensi membiarkan manusia untuk mengatasi rasa takut dan mengembangkan kepercayaan diri yang dapat diterjemahkan ke dalam situasi sesungguhnya. Mereka juga bisa membantu membuat manusia merasa nyaman karena mereka tidak bias dan tidak menghakimi, hanya menanggapi maksud dan perilaku manusia. Terlebih, kuda adalah hewan sosial dengan karakter sendiri, sehingga mereka ingin berinteraksi dengan manusia saat bekerja untuk membangun hubungan.

horse therapy
source:asyouwishcolorado.com

Kegunaan dan Keuntungan EAP

EAP telah digunakan dalam perawatan dengan lingkup luas, termasuk:
Depresi
Gangguan stres pasca trauma
Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD)
Kecemasan
Masalah perilaku, termasuk perilaku agresif
Penyalahgunaan obat
Gangguan makan, termasuk anorexia dan bulimia
Masalah hubungan
Masalah komunikasi

Sesi equine-assisted therapy yang melibatkan terapis dan pemegang kuda, berviariasi tergantung dari kondisi selama perawatan dan orang yang terlibat. Secara umum, teknik psikoterapi tradisional seperti role-playing, role-reversal, dan mirroring, dikombinasikan dengan aktivitas equine-based termasuk memilih, mendandani, dan berjalan bersama kuda. Setelah beraktivitas, pasien mendiskusikan perasaan dan perilaku mereka berdasarkan sesi yang telah dilewati.

Smith-Osborne mengulas penelitian sebelumnya terhadap EAP dan menemukan praktiknya sebagai tambahan pendamping terapi tradisional yang menjanjikan. “Saya yakin dengan mengatakan jika ada bukti empiris bahwa aktivitas equine-assisted membantu sebagai pelengkap pengobatan untuk beberapa gangguan,” ujarnya. “Dan untuk pasien yang tidak merespon dengan baik di perawatan awal, masih menjanjikan perubahan.”

Terapi dengan menggunakan kuda dapat memberi banyak manfaat, yang meningkat setelah satu sampai tiga sesi. Diantaranya adalah:
Kepercayaan diri
Kemampuan berkomunikasi
Kesadaran diri
Relaksasi
Kekuatan
Hubungan interpersonal
Kendali diri
Fokus dan konsentrasi
Kebahagiaan

Penelitian juga menyarankan EAP karena dapat menurunkan amarah, depresi, dan permusuhan. Efek merugikan EAP sangat jarang, tetapi penurunan kepercayaan diri dan meningkatkan permusuhan pada anak kecil dan remaja pernah dilaporkan Peneliti berpendapat efek negatif ini mungkin karena hilangnya kesempatan ditemani kuda setelah terapi berakhir.

woman horse therapy
source: envisiontherapy.com

Mencari Tempat EAP

Masih sulit mencari EAP karena belum tersedia secara meluas sehingga diperlukan pencarian dari EAGALA – asosiasi EAP tepercaya – yang akan membantu mencarikan pusat terapi sesuai lokasi.

Diskusikan latar belakang dan tujuan terapi dan harap diingat bahwa asuransimu mungkin tidak mencakup beberapa biaya terapi.

Sumber tulisan asli http://www.everydayhealth.com/news/how-horses-help-with-mental-health-issues/

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori