Beredar Isu, TNI Tegaskan Tak Ada Instruksi Pemutaran Film G30SPKI

0
Beredar Isu, TNI Tegaskan Tak Ada Instruksi Pemutaran Film G30SPKI
0 (0%) 0 votes
Pasukan TNI AD

Peringatan Gerakan 30 September (G30SPKI) jatuh pada hari ini, Rabu (30/9/2015). TNI AD pun menggelar acara doa bersama sekaligus renungan peringatan G30SPKI tersebut di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Namun, selain itu ternyata juga beredar kabar bahwa Kepala Staf Angakatan Darat (KSAD) Jenderal Mulyono memerintahkan seluruh Kodim dan Korem untuk memutar film G30SPKI dan menggelar nonton bareng untuk menyaksikan film itu.

 

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad), Brigjen TNI Sabrar Fadhilah pun membantah adanya intruksi tersebut. “Arahan khusus seperti itu tidak ada. Itu inisiatif korem atau kodim masing-masing,” ujar Sabrar saat dikonfirmasi wartawan, dilansir Okezone.com. Selain itu, jenderal bintang satu tersebut juga menampik adanya trauma terhadap Partai Komunis Indonesia (PKI). Sebaliknya pemutaran film itu berguna untuk menggugah kesadaran akan sejarah.

 

Sementara itu, dalam acara doa bersama dan renungan peringatan G30SPKI, Mulyono sempat menyebut saat ini sudah terlihat indikasi kembalinya ideologi PKI berkembang lagi di Indonesia. Oleh karena itu, dia pun mengajak semua pihak untuk meneguhkan empat pilar kebangsaan, yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI, agar ideologi PKI tidak bisa tumbuh lagi. “Saya ingin mengajak untuk meneguhkan empat pilar kebangsaan untuk konsensus nasional. Keempat pilar dijaga, dipelihara, dan dipertahankan dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

 

Pada acara yang digelar Kodam Jaya itu, jenderal bintang empat tersebut juga mengajak semua pihak menundukkan kepala dan memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang wafat dalam peristiwa G30SPKI pada tahun 1965 lalu. Menurutnya, sebagai generasi penerus bangsa, masyarakat harus bisa memahami pesitiwa itu sebagai fakta sejarah yang tidak terbantahkan.

 

Sumber: Okezone

 

Hello Comment 39Sort by


user s:craft
2016/01/10 06:05

Thank you for your great article. I look forward to reading more from you.

user sdorttu...
2015/12/19 08:29

I like your writing style really enjoying this web site.

user sdorttu...
2015/12/14 15:22

Regards for all your efforts that you have put in this. very interesting information.

user Anonim
2015/10/07 10:15

Thanks so much for the post. Cool.

user Anonim
2015/10/07 00:42

Hey, thanks for the article.Really thank you! Fantastic.



Load more comment...
Load more all comment...

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori