Bendera Indonesia 1.000 Meter Persegi Terbentang di Gunung Panderman

Hari Ulang Tahun Republik Indonesia disambut meriah diseluruh penjuru negeri. Bahkan, tak sedikit yang merayakannya dengan cara yang sangat keren, seperti ini!
0
Bendera Indonesia 1.000 Meter Persegi Terbentang di Gunung Panderman
0 (0%) 0 votes
relawan bendera

Dari tahun ke tahun, Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) selalu diwarnai dengan sukacita dan beragam kegiatan menarik. Mulai dari lomba khusus anak-anak, ibu-ibu, maupun bapak-bapak.

 

Selain beragam lomba dengan hadiah menarik, pengibaran Sang Saka Merah Putih juga menjadi perhatian tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan Komunitas Cansabalas Adventure Team asal Kota Batu ini.

 

Bentangkan Bendera 1.000 meter persegi

 

Komunitas Cansabalas Adventure Team asal Kota Batu, Jawa Timur, ini membentangkan bendera merah putih berukuran 25 x 40 meter atau seluas 1.000 meter persegi di Gunung Panderman pada hari Selasa, 16 Agustus 2016.

 

Pembentangan bendera ini, bukanlah pertama kalinya. Sebelumnya bendera berukuran sama juga telah dibentangkan sejak tahun 2011 silam.

 

Pada tahun 2011 dan 2012, bendera ini dibentangkan di Gunung Arjuno. Kemudian, sejak tahun 2013, hingga HUT RI ke-71 ini, bendera seluas 1.000 meter persegi tersebut dibentangkan di Gunung Panderman.

 

Tak hanya untuk memperingati Hari Kemerdekaan RI, aksi tersebut juga dilakukan untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda.

 

 

Bertujuan Memupuk Rasa Nasionalisme

 

Aksi pembentangan bendera seluas 1.000 meter persegi ini sebenarnya memiliki tujuan khusus, yakni untuk memupuk rasa nasionalisme. Mereka berharap rasa nasionalisme tak hanya tumbuh di kalangan anggota komunitas tersebut, tapi juga bagi orang-orang yang menyaksikannya.

 

“Kita ingin memupuk rasa nasionalisme kepada pemuda sekarang yang sudah mulai pudar. Mungkin kalau orang tersebut melihat, bisa ingat juga akan perjuangan para pahlawan,” ungkap pendiri Komunitas Cansabalas, Nur Salam.

 

Dibentangkan Selama 3 Hari

 

Bendera yang diantar oleh 70 orang tersebut, yang terdiri dari 53 orang anggota Komunitas Cansabalas dan beberapa siswa dari komunitas lain di Kota Batu, dibentangkan selama 3 hari. Bendera dibentangkan pada pukul 15.00 WIB tanggal 16 Agustus dan pada 18 Agustus bendera diturunkan.

 

Ekspedisi membentangkan bendera merah putih ini dimulai dari Alun-alun Kota Batu, dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 10 kilometer menujuĀ groundĀ kemerdekaan. Kemudian bendera dibentangkan di kemiringan 80 derajat.

 

Bendera yang dibentangkan tersebut, awalnya merupakan hasil jahitan anggota Komunitas Cansabalas. Namun, bendera mengalami kerusakan usai dibentangkan di Gunung Arjuno pada 2012 silam.

 

Setelah itu, bendera dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) lah yang digunakan untuk memperingati Hari Kemerdekaan dan Sumpah Pemuda

 

Sumber: kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori