☆Benda-benda Yang Tak Perlu Dibawa Saat Traveling

0
☆Benda-benda Yang Tak Perlu Dibawa Saat Traveling
0 (0%) 0 votes
travelling

Kadang saat kita sedang mempersiapkan perjalanan, terutama untuk liburan, kita jadi terlalu bersemangat. Ketika itu terjadi, tidak jarang juga kita melakukan kesalahan yang jamak dilakukan travelers lain, yaitu overpacking.

Misalnya, karena antusias menyambut musim dingin pertama saat akan liburan ke Eropa, kita mengemas dua mantel tebal karena ingin berganti-ganti gaya. Padahal, jelas kedua mantel itu bakal menghabiskan ruang di dalam koper kita.

Jangan salah, overpacking alias packing berlebihan bisa juga dialami oleh mereka yang sudah berpengalaman lho. Padahal, sebenarnya gak semua barang yang mereka kemas itu bakal terpakai di tempat tujuan.

Jadi, kira-kira barang-barang apa aja ya yang sebaiknya kamu tinggal di rumah saat traveling?

1. Produk perawatan tubuh dengan ukuran besar (shampo, sabun cair, pembersih muka)

source: www.biltongstmarcus.co.uk

source: www.biltongstmarcus.co.uk

Memang sih, membeli produk toiletries dalam ukuran besar bisa lebih menghemat. Tapi, buat apa kamu menambah beban dalam koper atau backpack kamu padahal kamu bisa membawa produk yang sama dalam ukuran kecil atau travel-size? Bukan hanya menambah beban lho, membawa produk toiletries dalam ukuran besar biasanya sulit lolos dari pemeriksaan bandara, apalagi kalau kamu bepergian ke luar negeri. Kalau sudah begini, kamu harus memilih: membuang produk di bandara, atau membeli bagasi demi menyimpan barang tersebut.

Saat ini produk-produk toiletries ukuran kecil atau travel-size bisa kamu temukan di berbagai toko dan supermarket. Bahkan, kemasan produk dalam ukuran mini ini banyak yang lucu lho! Jadi, segera deh ‘berburu’  toiletries mini sehingga kamu  bisa menghemat tempat dalam koper atau travel bag kamu.

2. Perhiasan berharga

source: startswithyou.com

source: startswithyou.com

Wajar aja kalau kamu mau berpenampilan terbaik saat liburan demi punya foto-foto liburan yang keren. Tapi, percaya deh, risikonya gak sebanding dengan kenikmatan sesaat yang kamu rasakan begitu selesai berfoto. Ingat, oknum jahat bisa mengincar di mana saja. Mengenakan perhiasan mahal dan berkilau di tempat umum sama saja dengan memasang pengumuman supaya kamu dirampok!

Bukan hanya risiko dirampok atau dicuri, kamu pun dihantui risiko kehilangan perhiasan tersebut saat asyik beraktivitas di tempat liburan. Ketika sedang bersenang-senang di tempat wisata, tentunya kamu tidak akan fokus memperhatikan perhiasan yang sedang kamu pakai. Jadi, pikir lagi deh.  Buat apa mempertaruhkan barang-barang berharga seperti cincin berlian warisan atau kalung bertatahkan rubi yang kamu dapat dari pasangan tercinta hanya demi tampil keren saat traveling?

Kamu bisa tetap bergaya saat traveling dengan menggunakan perhiasan sederhana dan tidak mencolok perhatian kok! Kuncinya adalah menggunakan perhiasan yang sesuai dengan kepribadian dan gaya pakaianmu, bukan perhiasan mahal dan mewah.

3. Laptop dan ‘rombongan’ gadget lainnya

www.abcnews.go.com

source: www.abcnews.go.com

Sebenarnya smartphone kamu sudah cukup untuk dibawa saat liburan. Kamu bisa terus terhubung dengan dunia maya dan berhubungan dengan keluarga maupun teman-teman untuk berbagi cerita liburan. Smartphone juga memungkinkan kamu mengunduh berbagai aplikasi yang berguna untuk traveling, baik alat penerjemah maupun referensi tempat wisata dan kuliner. Jadi, kecuali kamu memang melakukan perjalanan bisnis atau kamu termasuk pekerja lepas yang harus tetap melakukan pekerjaan sambil liburan, lebih baik simpan aja laptop kamu di rumah. Begitu juga halnya dengan tablet. Apakah kamu perlu mengoperasikan tablet setiap hari saat liburan?

Semakin sedikit gadget yang kamu bawa, liburan kamu juga semakin maksimal lho. Dengan membawa sedikit gadget, kamu bisa lebih fokus menikmati keindahan pemandangan di destinasi liburan. Kalau kamu traveling bersama teman atau pasangan, tentu mereka juga lebih senang berkomunikasi denganmu tanpa harus disaingi oleh gadget-gadget kamu.

4. Sepatu yang gak praktis

source: www.ebay.co.uk

source: www.ebay.co.uk

Okay, jalan-jalan di Eropa dengan memakai sepatu boots kelihatannya memang keren. Tentu kamu sering dong melihat foto-foto selebriti Hollywood yang tampil keren dengan mengenakan sepatu boots? Siapa sih yang gak mau terlihat keren?

Tapi, apakah ‘bayangan’ foto-foto keren dengan sepatu boots itu sebanding dengan kerepotan mengepaknya? Mengepak sepatu boots yang tebal tentu butuh ruang yang banyak. Bisa-bisa setengah koper kamu penuh dengan sepatu boots keren itu!

Bukan hanya masalah space di tas. Pemilihan sepatu yang nyaman dan praktis akan mempengaruhi aktivitas kamu saat berlibur lho. Memakai boots memang terlihat keren. Tapi, percaya deh, ketika kaki kamu bengkak karena harus berjalan menyusuri tempat wisata selama berjam-jam, sepatu boots itu tidak akan terlihat keren lagi. Daripada mengepak sepatu yang tebal dan tidak praktis, bawa saja 1-2 sepatu flat yang bisa dilipat sehingga kamu tidak saja bisa terus bergaya, kamu pun tidak akan kehabisan ruang dalam koper atau travel bag.

5. Obat-obatan dalam jumlah banyak

www.lookfordiagnosis.com

source: www.lookfordiagnosis.com

Katanya, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Jadi, tanpa pikir panjang kamu memasukkan semua isi lemari obat kamu di rumah ke dalam koper. Plester luka satu kotak, obat pusing dan mual 5 bungkus, balsam 2 botol, dan obat anti nyamuk 1 botol besar. Bahkan, kamu juga membawa perban hingga 2 gulung.

Wah, kamu salah langkah, travelers. Memang, mengantisipasi itu perlu. Tapi, kamu bisa bertindak lebih cerdas dengan memilah obat-obat apa aja, dan berapa banyak, yang perlu kamu bawa. Kalau kamu hanya pergi liburan untuk 5 hari, gak perlu dong mengepak plester sampai dua pak? Pilih saja obat-obatan dasar yang biasa kamu gunakan. Kalau kamu mudah kedinginan, pastikan membawa balsam penghangat. Kalau kamu mudah mual di perjalanan, jangan lupa membawa obat anti mual. Kuncinya, bawa obat-obatan sesuai kebutuhan, bukannya mengantisipasi semua penyakit.

6. Buku-buku bacaan

www.etsy.com

source: www.etsy.com

Meskipun kamu seorang kutu buku, sepertinya gak perlu juga ya kamu mengepak lebih dari satu buku untuk bacaan selama traveling. Percaya deh, kamu gak akan punya waktu banyak untuk membaca, kecuali versi liburan menurut kamu adalah leyeh-leyeh di resor mewah selama seminggu (itu pun sepertinya kamu akan lebih tertarik dengan aktivitas lain seperti spa, berenang dan sebagainya).

Lebih baik, beli aja novel yang benar-benar belum pernah kamu baca dan coba selesaikan novel itu selama perjalanan. Atau, buat kamu yang menyukai kepraktisan, kamu bisa mengunduh buku-buku favorit kamu dari internet dan menyimpannya di memori ponsel. Jadi, kamu bisa ‘membawa’ banyak bacaan tanpa harus mengepak buku yang tebal.

7. Denim yang terlalu banyak

thejeansblog.com

source: thejeansblog.com

Denim atau jeans memang menjadi pakaian favorit semua orang. Bahan ini selalu nyaman digunakan dan tahan lama. Apalagi kamu bisa memakainya berhari-hari tanpa perlu dicuci.

Tapi, denim adalah bahan yang berat dan mengambil ruang terlalu banyak di dalam koper. Apalagi kalau kamu memutuskan membawa beberapa pasang jeans ditambah jaket jeans dan kemeja jeans. Bagaimana kamu bisa membawanya?

Travelers, kamu cukup membawa satu pasang jeans yang paling nyaman dan menjadi favoritmu. Kalau kamu bepergian dalam jangka waktu lama, kamu bisa memakai jeans itu selama beberapa hari sebelum mencucinya di binatu. Selebihnya, kamu bisa membawa beberapa buah legging yang fleksibel dan ringan untuk berganti-ganti di perjalanan.

Nah, semoga tips di atas bisa membuat kamu ‘tersadar’ untuk lebih mengutamakan fungsi dan praktis saat mengepak pakaian untuk travel ya!
Kalau kamu suka dengan foto-foto ini, berikan komentar dan sebarkan! 

Hello Comment 2Sort by


user Anonim
2015/02/27 07:39

Bawa buku berat banyak2, situ mau travelling atau kuliah? Wkwkwk

user Anonim
2015/02/27 07:38

Travelling itu harus bawa barang seperlunya

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori