Penjual Belalang Goreng Laku Keras Selama Libur Lebaran!

"Saya mencari sendiri walang (belalang) di hutan jati. Tapi kalau banyak permintaan seperti saat ini, saya beli di tengkulak," kata Kaminah.
0
Penjual Belalang Goreng Laku Keras Selama Libur Lebaran!
0 (0%) 0 votes
belalang-goreng

Libur lebaran sudah tiba. Sejumlah tempat wisata pun menjadi sasaran para turis untuk menghabiskan masa liburan yang sebentar lagi akan berakhir. Perkiraan, pada tanggal 17 Juli 2016, liburan pun akan berakhir karena anak-anak sekolah harus kembali bersekolah pada tanggal 18 Juli 2016.

 

Akibat dari itu, muncullah keberkahan dari libur Lebaran yang dirasakan oleh para pedagang belalang goreng di Jalan Baron, Gunungkidul, Yogyakarta.

 

Bagaimana tidak, dalam sehari, diketahui seorang pendagang bisa menjual hingga 80 stoples belalang goreng atau yang biasa disebut dengan walang goreng.

 

Belalang Goreng

 

belalang goreng
Source: kompas.com

 

Kaminah (50) sebagai salah satu pedagang di pinggir Jalan Baron Km 2, Gunungkidul mengatakan bahwa jumlah pembeli mengalami tingkatan sejak awal libur Lebaran lalu.

 

Biasanya, setiap hari Kaminah membuka lapaknya pada pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB. Apabila hari biasa, dagangannya bisa hanya laku 2 hingga 5 stoples. Nah, selama libur Lebaran ini puluhan stoples pun berhasil terjual.

 

“Tidak pasti, tapi banyak. Kemarin bisa 50 sampai 80 stoples per hari,” ujar Kaminah.

Source: regional.kompas.com

 

Belalang Goreng

 

walang goreng
Source: yogyakarta.panduanwisata.id

 

Adapun belalang yang dikemas dalam stoples itu dibanderol dengan harga mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 40.000. Ada juga yang dibungkus plastik berisi empat sampai lima ekor dijual dengan harga Rp 15.000.

 

“Saya mencari sendiri walang (belalang) di hutan jati. Tapi kalau banyak permintaan seperti saat ini, saya beli di tengkulak,” kata Kaminah.

Source: regional.kompas.com

 

Untuk pembeli penganan unik dari belelang ini tidak hanya dari sekitaran Yogyarakarta. Tapi juga dari luar kora seperti Jakarta dan Bandung.

 

Belalang Goreng

 

belalang-goreng
Source: yogyakeripik.com

 

Tak hanya Kaminah, rejeki besar juga dinikmati oleh Yanto (35) yang juga menjual belalang goreng. Bahkan, beberapa kali ia mengambil stok belalang di rumahnya karena pembeli memborong dagangannya.

 

“Berkah sekali. Rezeki untuk anak-anak di rumah, bisa untuk beli baju baru sama tambah-tambah kebutuhan rumah,” kata Yanto.

Source: regional.kompas.com

 

Keberkahan dan rejeki memang sudah diatur oleh yang maha kuasa. Sungguh anugrah dan kenikmatan yang tak terduga ya! Kira-kira bagaimana rasanya walang goreng ya? Hmm…

 

Source: kompas.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori