Beginilah Penampakan Asli Rumah di Uang 10 Ribu Rupiah

Rumah Limas adalah peninggalan kebudayaan Kerajaan Sriwijaya dan dikenal sebagai rumah tradisional sejak zaman Kesultanan Palembang
0
Beginilah Penampakan Asli Rumah di Uang 10 Ribu Rupiah
0 (0%) 0 votes
000001gambarrumahdiuang

Tahukah kamu, ternyata gambar asli rumah di uang 10 ribuan beneran ada!  Sebagian masyarakat Indonesia banyak yang belum tahu bahwa gambar tersebut adalah gambar Rumah Limas yang merupakan rumah tradisional asli Palembang.

 

Asal Usul Rumah Limas

 

 

Rumah ini berlokasi di kawasan Museum Balaputra Dewa, pusat kota yang dapat ditempuh dengan kendaran umum.  Keberadaan bangunan kuno ini bertujuan untuk menawarkan objek wisata kemegahan bangunan rumah limas, sekaligus mengenal adat istiadat pada masa Kesultanan Palembang.

 

Rumah Bari adalah sebutan masyarakat setempat.  Bari sendiri merupakan bahasa Palembang kuno yang merupakan peninggalan kebudayaan Kerajaan Sriwijaya.  Namun rumah ini mulai dikenal sebagai rumah tradisional sejak zaman Kesultanan Palembang yang masih kokoh berdiri dan terpelihara baik di kawasan Museum Balaputra Dewa.

 

Bentuk Rumah Limas

 

Bentuk rumah ini sendiri berbentuk persegi panjang, berdiri di atas tiang kayu unglen atau ulin yang memiliki luas 400 hingga 1000 meter persegi.  Rumah ini memiliki tingkatan teras atau kijing yang menjadi simbol kelompok keturunan kaum bangsawan seperti Kemas, Ki Agus, Masagus.  Yang terakhir adalah golongan Raden.

 

Beberapa peralatan yang menggambarkan tradisi adat tersimpan rapi di rumah tersebut.  Ada perlengkapan isi rumah kalangan bangsawan, alat tradisi lamaran pernikahan seperti menimbang tangan calon pengantin dengan Kitab Suci, hingga tempat tidur para bangsawan dengan tingkatan jurai berwarna warni yang melambangkan tingkatan ekonomi di masa Kesultanan Palembang.

 

Dahulu Milik Warga

 

 

Rumah ini awalnya terletak di daerah Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Komering Ilir.  Rumah limas ini dulunya milik warga bernama Pangeran Syarief Abdul Rahman Al Habsi, dan kemudian dibeli oleh Pangeran Kuto.  Pada tahun 1985, rumah ini dipindahkan ke kawasan Museum Balaputra Dewa Palembang.

 

Keberadaan rumah limas bukan hanya menjadi simbol Provnsi Sumatra Selatan seperti yang tertera di gambar uang kertas pecahan sepuluh ribu rupiah yang dibuat oleh Bank Indonesia, tetapi juga menjadi salah satu objek wisata yang sarat nilai budaya dan sejarah.  Sangat disayangkan jika dilewatkan jika Anda tengah berkunjung ke Kota Palembang.

sumber: tribunnews.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori