Beberapa Peristiwa yang Hampir Sama dengan Tragedi Mina

0
Beberapa Peristiwa yang Hampir Sama dengan Tragedi Mina
0 (0%) 0 votes
mina

Tragedi Mina pada 24 September 2015 telah merenggut ratusan nyawa para jamaah serta menyebabkan ratusan lainnya mengalami luka-luka. Jenazah ratusan jamaah pun tergeletak di tengah banyaknya orang yang ingin melempar jumroh. Akan tetapi ini bukan peristiwa satu-satunya yang pernah terjadi. Ada beberapa perisitiwa lain yang juga memakan ratusan korban jiwa.

 

Peristiwa pertama terjadi pada tanggal 2 Juli 1990 di Mina, Saudi Arabia. Di tahun ini 1.420 jamaah meninggal dunia karena sesak napas di terowongan Mina karena ventilasi di dalam terowongan tersebut mengalami kerusakan. Peristiwa yang hampir sama kembali terjadi di Mina, Saudi Arabia pada tanggal 9 April 1998. Tragedi yang memakan korban jiwa mencapai 118 jamaah ini kembali terjadi saat proses melempar jumroh. Korban meninggal dunia sebagian besar berjatuhan karena terinjak-injak selama prosesi tersebut.

 

 

Selanjutnya sebuah tragedi terjadi di Accra, Ghana pada tanggal 9 Mei 2001. Pada hari itu, sebuah pertandingan antara Accra Hearts dan Asante Kotoko digelar. Setelah pertandingan tersebut, demonstrasi terjadi dan mengakibatkan 120 orang tewas. Beberapa tahun kemudian tepatnya pada tanggal 31 Augustus 2005 di Baghdad, Irak, sebuah peristiwa kembali terjadi yang menewaskan 1.000 jamaah Syiah. Mereka semua meninggal karena terinjak dan tenggelam di Sungai Tigris. Hal ini terjadi karena kepanikan setelah mendengar berita buruk tentang pengeboman bunuh diri.

 

Source: bbc.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori