Banjir Pondok Labu, Warga Temukan Ikan Misterius!

Banjir yang kemarin sempat merendam wilayah Jakarta rupanya menyisakan sedikit cerita. Bahkan, warga menemukan seekor ikan misterius di Pondok Labu.
0
Banjir Pondok Labu, Warga Temukan Ikan Misterius!
0 (0%) 0 votes

Banjir Pondok Labu ternyata mendatangkan hal yang unik. Saat banjir, warga menemukan ikan yang dilarang ada di Indonesia. Ikan tersebut memiliki ciri-ciri dengan panjang sekitar 0, 5 meter dengan warna abu-abu keperakan. Ikan tersebut termasuk ke dalam alligator dan belum diketahui dengan jelas jenisnya.

 

Ikan yang ditemukan saat banjir Pondok Labu tersebut sempat booming di kalangan penghobi ikan hias. Namun, karena keberadaanya sangat mengancam habitat ikan yang lainnya, melalui Peraturan Menteri Kelutan Nomor 17 Tahun 2000, ikan tersebut dilarang untuk memasuki perairan Indonesia. Baik ikan dari jenis alligator ataupun juga piranha.

 

Ikan yang ditemukan oleh warga Pondok Labu, Jakarta usai banjir bandang yang menimpa daerahanya tersebut memiliki bentuk kepala seperti buaya. Dan jika dimasukkan ke dalam waduk, sungai, atau habitat lainnya di Tanah Air bisa mematikan hewan yng lainnya. Ikan predator pemangsa asal Amerika ini akan menghabiskan populasi ikan yang ada digunakan sebagai makanannya.

 

Jika dikembangbiakkan, ikan predator ini bisa memiliki tubuh dengan panjang mencapai 3 meter dengan berat 140 kg. Bisa dibayangkan bukan betapa bahayanya nanti jika dikembangbiakan di lingkungan perairan Indonesia. Dahulu di beberapa daerah di Tanah air, ikan tersebut pernah diintroduksi ke perairan yang bukan habitat aslinya. Contohnya saja di daerah Madiun, Aceh, dan Waduk Jatiluhur.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori