Inilah Langkah Antisipasi Virus Zika Dari Pemerintah Indonesia

Belakangan ini, Virus Zika kembali membuat heboh Indonesia. Sebagai langkah antisipasi penyebaran virus Zika, ini lho yang dilakukan pemerintah Indonesia!
0
Inilah Langkah Antisipasi Virus Zika Dari Pemerintah Indonesia
0 (0%) 0 votes
virus zika

Virus Zika merupakan momok bagi masyarakat Indonesia. Terlebih lagi, gejalanya yang tak seberapa dapat berdampak buruk terhadap janin dalam kandungan. Untuk itu, perlu langkah antisipasi untuk menghindari penyebaran virus Zika di Indonesia.

 

Kartu Peringatan Kesehatan

 

Beberapa waktu belakangan, penyebaran virus Zika sangat berkembang pesat di negara tetangga, Singapura. Bahkan, laporan terakhir menyatakan, sedikitnya 150 orang di Singapura terinfeksi Zika.

 

Penyebaran Zika di Singapura tentu menjadi perhatian pemerintah Indonesia. Langkah pertama yang dilakukan oleh pemerintah adalah dengan memberikan kartu peringatan kesehatan di gerbang bandara pada setiap penumpang yang bepergian dari Singapura menuju Indonesia.

 

Hal ini dilakukan agar proses pengawasan, pemantauan dan identifikasi virus Zika jauh lebih mudah, serta penyebarannya dapat ditekan seminimal mungkin.

 

 

Memasang Monitor Pendeteksi Suhu Tubuh

 

Tah hanya mengeluarkan peringan perjalanan bagi masyarakat yang akan bepergian ke Singapura, terutama ibu hamil, pemerintah juga memasang monitor pendeteksi suhu tubuh di pelabuhan dan bandara.

 

Pemasangan monitor pendeteksi suhu tubuh di pelabuhan dan bandara ini, memiliki tujuan untuk lebih mudah mengetahui suhu tubuh orang-orang yang masuk dari Singapura.

 

“Perintah resmi telah dikeluarkan untuk semua kantor kesehatan pelabuhan dan bandara yang menjadi gerbang masuk bagi orang asing, sebagai upaya pengawasan dan pemantauan, ” kata Mohammad Subuh, Direktur Jenderal Pencegahan Penyakit dan bagian Kontrol Kementerian Kesehatan Indonesia

 

Kedua langkah antisipasi ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus Zika. Selain itu, masyarakat juga harus turut waspada akan ancaman virus Zika, terutama ibu hamil. Masyarakat harus aktif untuk meminimalisir paparan nyamuk sebagai salah satu langkah pencegahan.

 

 

Dampak Virus Zika

 

Seperti yang kita ketahui, virus Zika hanya akan memunculkan gejala ringan berupa demam atau meningkatnya suhu tubuh. Namun, tak bisa dianggap enteng jika virus ini menjangkiti ibu hamil, karena dapat merangsang terjadinya mikrosefali yang menyebabkan bayi lahir dengan kepala lebih kecil dari ukuran normal.

 

Untuk itu, sebisa mungkin minimalkan tumbuh kembang nyamuk di sekitar lingkungan rumah. Selain membuat lingkungan lebih bersih, hal ini juga efektif untuk mencegah penyebaran virus Zika di Indonesia.

 

Sumber: Kompas

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori