Anak-anak Dianjurkan Sering Melakukan Aktivitas di Alam

Apa pentingnya anak harus bermain dan belajar di luar ruangan? Karena anak-anak zaman sekarang lemah dan lembek. Aktivitas alam membuat mereka lebih sehat.
0
Anak-anak Dianjurkan Sering Melakukan Aktivitas di Alam
0 (0%) 0 votes
aktivitas luar ruangan

Teknologi zaman sekarang membuat anak-anak semakin malas bergerak dan menjadi generasi menunduk yang hanya terpaku pada gawai mereka. Terlebih lagi, kondisi lingkungan dan tempat tinggal menjadikan mereka lemah, lembek, dan cengeng.

 

Tentunya para orangtua juga diharapkan bisa mendidik anak-anak untuk lebih kuat dan mandiri. Bukan mejadi generasi tukang mengadu bila dibentak atau dicubit orang lain. Belajar di dalam kelas dari pagi hingga sore hari membuat anak-anak kesulitan untuk melakukan perubahan dalam hidup dan segala kesempatan melakukan hal lain pun menjadi terbatas, demikian laporan sebuah penelitian terbaru. Kondisi ini diperparah dengan perubahan sosial yang berarti mereka pun kehilangan waktu berharga untuk bermain di rumah.

 

 

Aktivitas Luar Ruangan Berpengaruh Positif Pada Anak

 

outdoor learning
via markhuttontkd.co.uk

Segala kegiatan yang dilakukan di luar ruangan dapat memberikan pengaruh pada kualitas hidup anak-anak, hal ini mengacu pada sebuah penelitian terbaru.

 

The Student Outcomes and Natural Schooling melaporkan bahwa melakukan aktivitas alam tak hanya membuat anak-anak lebih pintar (dengan pencapaian yang ditingkatkan). Hal ini juga bermanfaat bagi sikap dan perilaku mereka, ditambah lagi kemampuan sosial yang meningkat, kesehatan dan tubuh semakin bugar, mampu beradaptasi, dan semakin percaya diri.

 

Sebuah laporan, oleh para peneliti pada Plymouth University dan Western Sydney University, juga mengatakan bahwa anak-anak sekarang kehilangan kebebasan untuk bermain, bereksplorasi, dan tak ada latihan di luar ruangan. Para penulisnya menaruh perhatian pada gaya hidup keluarga yang lebih sibuk dan ternyata mereka cenderung lebih takut secara sosial untuk membiarkan anak-anak mereka bermain di luar. Padahal banyak banget keuntungan dari bermain di lapangan terbuka untuk anak-anak. Hal ini berpengaruh untuk masa depan anak-anak. Laporan tersebut berharap pemerintah membuat sebuah kurikulum pelajaran di luar ruangan untuk mengatasi hal ini.

 

 

Bahagia dan Sehat Saat Tubuh Anak Bergerak Aktif

 

children outdoor activity
via dailytimesgazette.com

Serius lho ini. Kebanyakan dari kita memiliki kenangan dan ingatan lebih kuat (dan tentu saja lebih bahagia) saat berlarian dan bermain kotor di luar sana saat kecil daripada hanya berkutat pada buku sepanjang waktu.

 

Para peneliti memfokuskan pada lima hal dalam diri anak-anak. Hal ini termasuk : pikiran dan tubuh yang sehat dan bahagia, pribadi yang percaya diri secara sosial, pembelajar yang kreatif dan penuh inisiatif, kontributor yang efektif, dan berkembang menjadi warga negara yang aktif secara keseluruhan.

 

 

 

Belajar di Luar Demi Masa Depan Lebih Baik

 

kegiatan luar anak
via 3ann-house.com

Sue Waite, salah satu penulis laporan, mengatakan tekanan dari guru untuk tetap berada di kelas dapat memicu anak-anak kehilangan pengalaman yang dapat memberi mereka keuntungan di masa mendatang.

 

“Dengan begitu banyak fokus yang dibutuhkan dalam pencapaian akademis, akan ada tekanan dari guru agar murid tetap berada di kelas, yang berarti anak-anak akan kehilangan banyak pengalaman bermanfaat untuk mereka menghadapi masa depan.

 

“Laporan ini menunjukkan bahwa meskipun ada penelitian khusus yang mendukung kegiatan luar ruangan untuk akademis sebaik hasil secara pribadi dan sosial, hal ini hanya bisa diakui oleh pembuat peraturan sehingga kita dapat mencapai perubahan budaya positif secara menyeluruh.”

 

Ada fakta menarik bahwa beberapa ahli menyalahkan kewaspadaan terhadap kriminalitas meningkat sebagai faktor di belakan alasan anak-anak tidak diizinkan bermain di luar. Nyatanya, angka kriminalitas di Inggris menurun pada laporan tahun lalu.

 

Jadi, lepaskan nalurimu bebas. Caranya, bantu buka pikiran mereka. Ajak mereka melakukan aktivitas alam dengan riang gembira.

 

  • Selamat Hari Anak Nasional!

 

 

Sumber artikel AskMen India

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori