Alquran Terbesar di Dunia Dipamerkan di Yogyakarta

Selain itu, ada pula Al Quran terkecil di Indonesia dan miniature masjid-masjid di Mekkah dan Madinah yang ditampilkan oleh Madrasah Mualimin/Mualimat.
0
Alquran Terbesar di Dunia Dipamerkan di Yogyakarta
0 (0%) 0 votes
al quran

Ada sebuah Mushaf Al Quran yang berukuran besar jadi perhatian para mahasiswa. Al Quran terbesar ini pun ditempatkan di pintu masuk spotorium kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yakni tempat berlangsungnya Festival Al Quran di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah (PTM & PTA) se-Indonesia.

 

Festival Al Qur’an ini dibuka pada hari Selasa, 9 Agustus 2016 dan akan berjalan hingga dua hari ke depan. Ghoffar Ismail selaku Ketua Pelaksana pun menjelaskan Pameran dan Bazar ini akan menampilkan hal unik seputaran Islam.

 

Al Qur’an terbesar di Jawa Tengah pun telah didatangkan langsung dari Masjid Agung Jawa Tengah. Selain itu, ada pula Al Quran terkecil di Indonesia dan miniatur masjid-masjid di Mekkah dan Madinah yang ditampilkan oleh Madrasah Mualimin/Mualimat.

 

Juga terdapat manuskrip-manuskrip kuno peninggalan Islam yang ditampilkan oleh stand PP Muhammadiyah.

 

Al Quran

 

al quran
Source: detik.com

 

“Melalui Pameran dan Bazar ini kita juga bisa melihat jejak sejarah yang kita miliki sebagai acuan untuk menentukan masa depan. kegiatan ini rencananya juga dibuka untuk masyarakat umum secara gratis, agar bisa bersama-bersama belajar tentang sejarah kebudayaan Islam,” kata Ghofar di UMY.

Source: news.detik.com

 

Adanya Festival Al Qur’an ini juga dijadikan sebagai bentuk apresiasi kepada Qori/Qoriah di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah agar bisa melahirkan Qori yang handal. Khaeruddin Hamsin selaku Kepala Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Islam (LPPI UMY) mengatakan dari survei dan pengukuran, ternyata kecintaan kepada Al Qur’an masih rendah oleh manusia abad ini.

 

Dan juga seperti kegiatan membaca dan mentadabburi Al Quran masih amat rendah. Karena itulah pihaknya menggagas kegiatan Festival Al Quran. Dengana tujuan Al Quran bisa menjadi hal yang utama dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh PTM dan PTA.

 

Banyak pihak yang mengharapkan dengan adanya Festival Al Quran bisa menumbuhkan rasa cinta kepada Al Quran agar Al Quran bisa terus dibaca hingga akhir jaman. Bagi siapapun yang membaca dan mengamalkan Al Quran, kelak Al Quran bisa menjadi pertolongan baik di dunia maupun di akhirat.

 

Semoga tujuan festival ini tercapai ya! Bagaimana menurutmu?

 

Source: detik.com

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori