Ahok Membela Sopir TransJakarta Yang Divonis Penjara

Ahok menginstruksikan kepada PT TransJakarta agar mengajukan permohonan ke Mahkamah Agung. Mantan Bupati Babel itu berharap MA dapat mempertimbangkan putusan
0
Ahok Membela Sopir TransJakarta Yang Divonis Penjara
0 (0%) 0 votes
ahok

Sudah sering kita mendengar bus Transjakarta terlibat kecelakaan. Ironisnya, beberapa peristiwa kecelakaan tersebut sampai menelan korban jiwa. Kini Bima Pringgas Suara, sang sopir Bus Transjakarta rem blong yang menabrak empat pengendara sepeda motor dan empat mobil di depan SPBU Mampang, Jakarta Selatan pada November 2015 silam telah dijatuhi vonis 2,5 tahun penjara.

 

 

 

Transjakarta tabrak pengendara motor

 

 

 

kecelakaan-transjakarta-tabrak-motor_20150622_092647Source: Tribun

 

 

Dalam putusannya Bima dianggap melanggar Pasal 310 ayat 4 UU Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tahun 2009 yang berbunyi, setiap orang yang karena kelalaiannya mengakibatkan kecelakaan lalu lintas dengan korban luka berat diancam pidana penjara paling lama 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp10 juta.

 

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mempertanyakan vonis tersebut. Menurut Ahok, pengendara motor lah yang bersalah karena menyerobot masuk jalur bus.

 

Oleh karenanya, Ahok menginstruksikan kepada PT TransJakarta agar mengajukan permohonan ke Mahkamah Agung. Mantan Bupati Babel itu berharap MA dapat mempertimbangkan putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Pasalnya, menurut Ahok busway merupakan jalur khusus untuk bus TransJakarta.

 

Seharusnya, sopir mendapatkan keistimewaan. ucap Ahok

Source: wartakota.tribunnews.com

 

Lebih lanjut Ahok mengatakan, bahwa seharusnya ada aturan yang mengatur keistimewaan sopir TransJakarta sama halnya dengan masinis kereta.

 

“Waktu membuat Undang-Undang Lalu Lintas Tahun 2009, menurut saya itu, ada satu hal yang kita lupakan. Harusnya kalau sudah didedikasikan khusus, kendaran lain yang masuk busway yang salah,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (16/5/2016).

Source: wartakota.tribunnews.com

 

Untuk itu, Basuki Tjahja Purnama berharap MA bisa bijak dalam mengambil keputusan. Meski belum ada dasar hukum yang mengatur keistimewaan sopir bus TransJakarta.

 

“Mudah-mudahan hakim MA bisa mengerti,” kata mantan Bupati Belitung Timur tersebut.

Source: wartakota.tribunnews.com

 

Sebagaimana diketahui, kecelakaan nahas yang melibatkan Busway dan beberapa pengendara mobil dan motor itu terjadi di samping Stasiun Jakarta Kota, Jakarta Barat, Minggu (29/11/2015) siang.

 

Saat itu, ada pengendara sepeda motor masuk ke busway sehingga tertabrak bus transjakarta yang melaju dari belakang pengendara tersebut. Perempuan yang dibonceng pengendara sepeda motor itu jatuh dan menjadi korban dalam peristiwa ini.

 

Source : Kompas

Hello Comment 1Sort by


user Anonim
2016/05/29 07:52

betuuullll

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori