Agus Tay Dituntut 12 Tahun Penjara, Ini Komentarnya

Agus yang mendengar tuntukan dari Jaksa tersebut seketika nampak lesu. Dalam kesempatan itu Agus Tay Hamda May mengatakan..
0
Agus Tay Dituntut 12 Tahun Penjara, Ini Komentarnya
0 (0%) 0 votes
thumb-tay

Agus Tay Hamda May atau yang akrab dipanggil Agus Tay terdakwa kasus pembunuhan Engeline  dituntut hukuman 12 tahun penjara oleh jaksa penuntut umum. Dalam persidangan yang digelar, Selasa, 2 Februari 2016 kemarin Jaksa Penuntut Umum menyebut jika Agus terbukti secara sah dan membiarkan kekerasan terhadap anak yang menyebabkan Engeline tewas.

 

 

“Menjatuhkan pidana 12 tahun penjara dikurangi selama berada di dalam tahanan dan denda Rp 1 miliar,” tuturnya.

 

 

Sebagaimana dilansir Tempo, Maha Agung, dalam unsur tindak pidana, Agus juga terlibat dalam menguburkan mayat dan menyembunyikan kematian Engeline. Menurut jaksa, tindakan Agus sesuai dengan Pasal 76C KUHP juncto Pasal 80 ayat 3 UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak serta Pasal 181 KUHP.

 

 

 

Agus Tay mendengarkan tuntutan JPU

 

 

 

agustinus tay handamay mendengarkan tuntutan jaksa dalam sidang di PN Denpasar kemarinSource: Fajar.co

 

 

“Terdakwa membiarkan kekerasan hingga korban meninggal. Tidak melaporkan perbuatan Margriet dan tidak memberikan pertolongan terhadap Engeline,” kata Maha Agung di Ruang Sidang Cakra, Pengadilan Negeri Denpasar.

 

 

Namun Agung menjelaskan ada beberapa hal yang dapat meringankan Agus, yakni Agus tidak pernah dituntut hukum. Selain itu Agus juga masih muda sehingga masih bisa memperbaiki diri.

 

 

“Dan hal yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa jujur dalam persidangan, terdakwa menyesali perbuatannya, dan terdakwa membantu membuka perbuatan pelaku lain yakni Margriet, dan terdakwa juga masih muda dan memiliki waktu untuk memperbaiki diri,” papar JPU.

Source: fajar.co.id

 

 

Agus yang mendengar tuntukan dari Jaksa tersebut seketika nampak lesu. Dalam kesempatan itu Agus Tay Hamda May mengatakan, jika tuntutan selama 12 tahun penjara dari JPU terhadap dirinya sangat berat baginya.

 

 

 

Agus Tay dituntut 12 tahun penjara

 

 

 

agustinus tay handamay mendengarkan tuntutan jaksa dalam sidang di PN Denpasar kemarinSource: Republika

 

 

“Saya serahkan kepada pengacara saya. Kalau ingin pulang, saya ingin pulang. Ini (tuntutan jaksa) sangat berat,” katanya seusai persidangan, Selasa, 2 Februari 2016.

 

 

Sementara itu Kuasa hukum Agus Tay, Haposan Sihombing, meminta waktu dua pekan untuk menyusun pembelaan (pleidoi) terhadap kliennya pada 16 Februari 2016.

 

 

“Sebagai kuasa hukum Agus Tay, kami sangat kaget. Klien kami dikatakan membiarkan kekerasan terhadap anak, pada saat yang mana?” katanya.

 

 

Menurut Haposan, sesuai dengan fakta dilapangan, justru Agus Tay berada di bawah tekanan dan ancaman mantan majikannya, Margriet.

 

 

“Kalau pembiaran, berarti saksi-saksi yang tahu Margriet melakukan kekerasan bisa ditarik dong, kalau asumsi jaksa seperti itu,” tuturnya.

 

 

Hhhmm… sayang kalau cuma dihukum 12 tahu. Saya malah terbayang jika sang pembunuh ini di hadiahi hukuman mati. Disuruh tobat dulu sebelum di eksekusi. Bagaimana menurutmu?

 

Mari share dan jangan lupa berikan komentarmu.

 

 

Source : Tempo

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori