5 Wisata Alam Jawa Tengah Yang Bikin Kamu Klepek-klepek

Wisata Jawa Tengah yang luas sudah barang tentu menyimpan kekayaan alam yang indah. Di antara kesemuanya 5 spot lokawisata ini pasti bikin kamu klepek-klepek.
0
5 Wisata Alam Jawa Tengah Yang Bikin Kamu Klepek-klepek
0 (0%) 0 votes
Resor Karimunjawa

Sekarang saatnya kita membahas kecantikan alam yang jadi daya pikat wisata Jawa Tengah. Tidak heran juga kalau daerah Jawa Tengah berhasil menarik jutaan turis yang menggemari tempat-tempat berpanorama alam yang indah, pasalnya memang banyak spot wisata alam populer di sana. Rame banget pokoknya deh. Terus dari banyak tempat itu ini nih 5 rekomendasi Hello-pet buat kamu.

 

 

Kepulauan Karimunjawa

 

 

 

Karimunjawa ialah sebuah gugusan kepulauan yang berada di sebelah utara Jawa Tengah. Kepulauan ini masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Karimunjawa telah menjadi wisata taman laut yang terkenal hingga mancanegara.

 

Kawasan Karimunjawa merupakan rumah bagi terumbu karang, hutan mangrove, hutan pantai, dan berbagai macam spesies fauna. Di kawasan destinasi wisata Karimunjawa terdapat 242 spesies ikan hias serta fauna langka seperti Elang Laut Dada Putih, Hiu, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Pohon Dewandaru adalah nama pohon yang menjadi ciri khas di kepulauan tersebut.

 

Selain kekayaan biotanya, Karimunjawa dikenal karena memiliki ombak yang jinak, air laut jernih nan dangkal, serta pasir yang halus yang membuat penggemar wisata pantai jatuh hati ke  kepulauan itu.

 

 

(Baca juga: Wisata Jawa Tengah, Menyibak Pantai Perawan di Wonogiri)

 

 

Dieng Dataran Tinggi

 

 

 

Dataran Tinggi Dieng terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Tepatnya disebelah barat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng memiliki panorama wisata alam yang indah dengan situs-situs bersejarah peninggalan jaman dulu.

 

Terdapat banyak kawah dan danau vulkanik di Dieng. Salah satu danaunya yang paling kondang adalah Telaga Warna yang sering memunculkan warna merah, hijau, biru, putih, dan lembayung secara bergantian.

 

 

Tawangmangu

 

 

 

Tawangmangu adalah daerah berhawa sejuk yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Di tempat ini terdapat air terjun Grojogan Sewu dengan ketinggian 81 meter yang merupakan curug yang banyak dikunjungi wisatawan. Hawanya yang sejuk dan pemandangannya yang indah membuatnya jadi destinasi wisata sejak masa lampau. Kini terdapat banyak penginapan seperti villa dan hotel yang menjadikan Tawangmangu sebagai tujuan para travel goers yang ingin berlibur.

 

 

Baturaden

 

 

 

Baturaden adalah lokawisata yang berjarak 14 km arah utara Purwokerto, Jawa Tengah,  atau tepatnya di kaki Gunung Slamet. Destinasi wisata alam ini dikenal dengan udaranya yang sejuk karena terletak di ketingian 650 mdpl serta pemandangan bentangan alam yang cantik. Dari ketinggian tempat ini wisatawan bisa melihat Kota Purwokerto, Pulau Nusakambangan, serta beberapa pantai indah di wilayah Cilacap. Hotel-hotel di sana juga sangat nyaman untuk diinapi.

 

Pemandian air panas Pancuran Pitu

Selain pemandangan pegunungan yang menentramkan hati, di Baturaden juga ada pemandian air panas Pancuran Pitu. Bersuhu antara 60 hingga 70 derajat celcius pemandian air panas tersebut diyakini dapat digunakan sebagai terapi untuk segala masalah kesehatan. Selain itu di kawasan wisata Baturaden berdiri Taman Bitanin , Telaga Sunyi, dan kebun binatang Taman Kaloka Widya Mandala.

 

 

Goa Petruk

 

 

 

Buat traveler sejati yang hobi menantang nyali, kamu harus cobain ke sini. Berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Goa Petruk terletak diatas bukit kapur setinggi 75 meter sehingga otomatis kamu harus menaiki anak tangga dulu buat mencpaianya. Goa ini sangat indah mempesona karena kondisi alaminya yang terjaga. Goa tersebut diyakini mempunya panjang hingga 2000 meter dan dapat ditelusuri hingga 350 meter. Dalam goa sendiri pun terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga.

 

Stalaktit dan stalagmit goa petruk membentuk ornamen-ornamen yang unik nan indah tiada tara. Dalam goa ini juga terdapat sendang dan air terjun. Seorang pemandu akan menemani wisatawan yang berkunjung menelusuri kecantikan goa tersebut. Saking eloknya, seorang ahli goa, Dr Koo menyatakan bahwa Goa Petruk merupakan goa terindah di Tanah Air.

 

 

Astaga ternyata memang luar biasa banget! Mulai dari wisata pegunungan sampai menelusuri goa terindah di Indonesia ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Yuk besok-besok kita planning trip ke Jawa Tengah. Hore!

 

 

source: indraalfiandi

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori