10 Wisata Alam di Banten Yang Patut Untuk Anda Kunjungi

Berikut merupakan 10 tempat wisata alam di Banten yang nggak boleh lupa untuk anda kunjungi
0
10 Wisata Alam di Banten Yang Patut Untuk Anda Kunjungi
0 (0%) 0 votes
https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/e3/9e/36/e39e3606921005cea330fb3a1c8a8a95.jpg

Banten merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di ujung barat dari pulau Jawa dan paling dekat dengan pulau Sumatera. Banten memiliki beberapa tempat wisata yang populer khususnya bagi wisatawan dari ibukota Jakarta. Karena provinsi sangat mudah dijangkau atau cukup dekat dengan kota Jakarta. Banten mulai dipisahkan dari provinsi Jawa Barat sejak tahun 2000 dengan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Berikut merupakan 10 tempat wisata alam di Banten yang nggak boleh lupa untuk anda kunjungi

 

1. Pantai Sawarna

 

Pantai Sawarna merupakan pantai yang berada di Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai yang eksotik nan indah ini cocok sebagai tempat wisata bagi keluarga anda. Ciri khas yang dimiliki dari Pantai Sawarna ini adalah adanya batu besar atau umumnya warga disana menyebutnya dengan batu layar. Batu tersebut berada di pinggiran dekat bibir pantai dan menjadi salah satu pemandangan yang sangat indah di pantai ini.

 

Pantai Sawarna merupakan pantai Banten yang masih bersih dan belum terkena berbagai pencemaran polusi. Yang membuat Pantai Sawarna menjadi lebih indah dikarenakan adanya perpaduan antara pemandangan yang asri dari hijaunya pepohonan hutan tropis dengan pasir pantainya putih serta air yang jernih dan pemandangan yang menghadap langsung ke samudra Hindia. Panjang bibir Pantai Sawarna sekitar 65 km. Anda pun dapat berjalan-jalan dan mencari spot atau area yang tepat untuk dapat mengabadikan berbagai macam pemandangan di Pantai Sawarna ini. Untuk dapat sampai ke Pantai Sawarna memang agak sulit karena sarana menuju pantai sangat minim serta keadaan jalan yang berkelok-kelok dan aspal yang masih rusak.

 

Bila anda ingin bermalam di pantai ini maka anda dapat menyewa rumah penduduk atau anda dapat juga menyewa tempat penginapan yang cukup besar di daerah ini. Bila anda ingin suasana yang lebih alami anda pun dapat berkemah di tepi pantai, tepi hutan dan tepi sawah. Di Pantai Sawarna ini juga terdapat fasilitas seperti pusat oleh-oleh dan cendramata, pemandu wisata, shelter, gazebo dan warung. Selain keindahan pantainya anda dapat berkeliling mengunjungi salah satu goa yang indah yang terdapat di Pantai Sawarna ini seperti Goa Kelelawar. Sama seperti dengan namanya gua ini dihuni oleh ratusan kelelawar. Panjang goa ini mencapai 1000 m. Pada bagian dasar gua terdapat sungai bawah tanah yang yang berlumpur tebal sekitar 10-15 cm.

 

Lokasi : Sawarna, Bayah, Lebak, Banten
Akses: Berikut rute yang dapat anda tempuh ke Pantai Sawarna dimana destinasi awal bermula di DKI Jakarta. Jakarta – Sukabumi – Pelabuhan Ratu – Bayah Jakarta – Kalideres – Rangkas Bitung – Bayah

 

2. Pantai Anyer

 

Pantai Anyer merupakan salah satu keindahan yang anda yang ada di pesisir Pulau Jawa ini. Pesona Pantai Anyer ini telah menyuguhkan pemandangan Gunung Krakatau yang indah di daerah Cikoneng.

 

Pantai Anyer ini merupakan tempat yang sangat cocok bagi anda untuk berkumpul dengan keluarga, bermain bola, hingga menikmati pemandangan pantai yang dapat membuat anda terbuai oleh keindahannya. Di pantai ini anda dapat menyewa sepeda untuk mengelilingi kawasan Pantai Anyer ini sembari berburu objek yang menarik untuk berfoto. Anda juga dapat menikmati langit yang biru membentang jernih dengan di iringi awan-awan yang sangat indah. Anda juga dapat bermain pasir serta bermain ombak.

 

Pantai Anyer ini telah menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, sebab setibanya di pantai Anyer ini, anda akan sulit untuk menolak rayuan ombak yang datang membelai kaki anda. Apabila anda ingin bermalam di pantai anyer ini, anda tidak perlu kawatir karena di sini tersedia begitu banyak sekali hotel yang dapat menjadi tempat bagi anda untuk menginap.

 

Lokasi : Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten.
Akses: Jarak tempuh dari Jakarta menuju ke Pantai Anyer sekitar 160 km, dan dengan waktu temouh sekitar 2 jam. Jika menggunakan jalur jalan tol Jakarta-Merak, maka anda akan keluar dari jalan Tol Cilegon Barat, dan jika anda berangkat dari Kota Serang, maka jarak tempuh untuk menuju ke Anyer sekitar 50 km. Anda juga dapat menggunakan kereta api Jakarta-Merak untuk menuju ke Pantai Anyer.

 

3. Taman Nasional Ujung Kulon

 

Taman Nasional Ujung Kulon merupakan sebuah Kawasan Taman Nasional yang terletak di ujung paling barat pulau Jawa. Luas Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah sekitar 122.956 Ha, dan 44.337 Ha dari keseluruhan luas Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon merupakan perairan. Taman Nasional Ujung Kulon merupakan rumah bagi Badak Jawa yang sangat terkenal dan terancam punah. Di Kawasan Taman Wisata Ujung Kulon ini anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memuaskan mata. Alamnya yang terjaga, serta vegetasi yang tumbuh dengan bebas dan pantainya yang indah membuat anda akan melupakan kepenatan aktifitas sehari-hari. Di beberapa wilayah, anda bahkan dapat melihat satwa-satwa liar yang hidup dengan bebas.

 

Beberapa wilayah yang biasa dikunjungi oleh wisatawan di Kawasan Nasional Ujung Kulon adalah Gunung Honje, Semenanjung Ujung Kulon, Pulau Peucang, Pulau Handeleum dan Pulau Panaitan. Gunung Honje, merupakan salah satu wilayah Taman Nasional Ujung Kulon yang dikelilingi 19 desa penyangga, baik yang berbatasan langsung maupun tidak. Salah satu desa yang menjadi gerbang masuk ke Kawasan Nasional Ujung Kulon adalah Desa Tamanjaya.

 

Objek yang terdapat disekitar Tamanjaya antara lain terdaat Desa Nelayan Cibanua, Curug Cipanis, Sumber Pemandian Air Panas Cibiuk, dan Curug Cikacang sebagai tempat wild melihat hewan Owa Jawa yang merupakan satwa endemik. Wilayah Semenanjung Ujung Kulon merupakan habitat Badak Jawa, sehingga pengelolaan wisata untuk wilayah ini sangat terbatas sekali agar tidak mengganggu habitat Badak Jawa. Wisata yang dapat dilakukan di wilayah ini adalah tracking, berkemah dan wild life viewing.

 

Pulau Peucang merupakan wilayah dari taman nasional ini yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Hamparan pasir putihnya yang luas membentang serta perairannya yang jernih yang menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang. Di pulau ini anda dapat berenang, snorkling atau menyebrang ke padang penggembalaan Cidaon dan melakukan wildlife viewing.

 

Pada situs resminya Taman Nasional Ujung Kulon memiliki kegiatan wisata umum seperti berkemah, penelusuran hutan, wild life viewing, menyelam, snorkeling, bersampan, berselancar dan memancing yang memiliki tarif yang variatif berkisar dari Rp 5.000 hingga Rp 25.000. Namun tentunya anda harus membawa perlengkapan sendiri. Biaya masuk pada tiap kawasan wisata berbeda lagi dan tarif tersebut berlaku untuk WNI yang artinya WNA memiliki tarif yang berbeda.

 

Lokasi : kecamatan Sumur dan Cimanggu kabupaten Pandeglang provinsi Banten.
Akses: Untuk mencapai Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, anda dapat memulainya dengan menuju Serang Banten dan berhenti di terminal Pakupatan untuk selanjutnya menuju Tamanjaya (Sumur) menggunakan elf. Darisana, anda dapat mencarter kapal yang tarifnya sekitar Rp 2.500.000 dengan kapasitas maximal 20 orang dan harga dapat berubah. Harga untuk kapal yang bertambat pada dermaga tiap wisata pun berbeda lagi, biasanya sekitar Rp 100.000 untuk tiap kapal.Untuk penginapan, tersedia bivak yang bertarif sekitar Rp 150.000. Atau resort Pulau Peucang yang tarifnya sekitar Rp 750.000/malam. Jika anda tidak ingin repot, saat ini banyak jasa travel yang menawarkan paket wisata ke Kawasan Nasional Taman Ujung Kulon. Tarifnya beragam dari Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000 per orang.
Tiket Masuk : Rp 7.500,-

 

(Baca Juga : 10 Tempat Wisata Alam Di Malang Yang Keren Abis)

 

4. Pulau Burung

 

Pulau Dua atau yang dikenal dengan Pulau Burung merupakan cagar alam seluas 30 hektar yang berlokasi di lepas pantai Banten. Seperti namanya, pulau ini dihuni oleh berbagai jenis burung dalam jumlah besar. Sekitar bulan April sampai dengan bulan Agustus, akan banyak sekali burung dari berbagai benua datang berkunjung ke Pulau Burung ini. Setelah musim berlalu, sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya.

 

Lokasi : desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten
Akses: Untuk mencapai tempat ini tidak sulit. Anda tinggal menuju Sawah Luhur yang ada di kecamatan Kasemen Serang Banten.

 

5. Pulau Sangiang

 

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau yang terletak di Selat Sunda, Banten. Pulau Sangiang dapat dicapai dengan menggunakan perahu dari Pantai Anyer selama kurang lebih 45 menit. Pulau Sangiang adalah milik swasta dan sepenuhnya dikembangkan menjadi sebuah wilayah kawasan wisata oleh pihak swasta tersebut. Jenis wisata yang dapat anda nikmati di pulau dengan luas sekitar 700 hentar ini adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata ilmiah, dan wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Pulau Sangiang adalah bersepeda, mendaki gunung, berkemah, menyelam, memancing, berjemur di pantai, hingga menikmati sisa perang dunia berupa benteng Jepang.

 

Lokasi : Serang, Banten
Akses: Jarak tempuhnya hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit dari Anyer, dengan menggunakan kapal atau perahu bermotor.

 

6. Pantai Carita

 

Terletak di pesisir barat Provinsi Banten, Kabupaten Pandeglang, Pantai Carita adalah salah satu tempat wisata di Banten yang paling terkenal di Indonesia. Yang paling menarik dari Pantai Carita ini anda dapat melihat Gunung Krakatau dari tepi pantai. Karakteristik ombak di Pantai Carita ini ombak yang kecil menghembus tepian pantai dengan pasir putihnya. Seperti selayaknya kawasan wisata populer lainnya, tentu saja fasilitas yang dimiliki Pantai Carita sangatlah lengkap, jadi anda tidak perlu kawatir dengan fasilitas yang ada di Pantai Carita. Berlokasi sekitar 160 KM dari Jakarta, Pantai Carita merupakan salah satu tempat wisata bagi pengunjung dari kota Jakarta yang cocok dikunjungi.

 

Lokasi : Pandeglang, Banten
Akses: Jarak tempuh dari Jakarta ke Pantai Carita sekitar 130km dapat melalui jalan tol Jakarta-Merak dan keluar di gerbang tol Cilegon Timur.

 

7. Arung Jeram Sungai Ciberang

 

Sungai Ciberang, Banten merupakan salah satu lokasi arung jeram di sekitar Jakarta yang cukup diminati oleh wisatawan. Hal ini dikarenakan kondisi pegunungan yang dilalui Sungai Ciberang masih sangat asri dan hijau, sehingga perjalanan menuju ke lokasi arung jeram sangatlah menyejukan. Begitu pula dengan sungainya, pemandangan yang di dapat ketika melakukan pengarungan sangatlah indah. Namun, terkadang sungai ini kering, jadi sebelum memesan paket arung jeram Sungai Ciberang, sebaiknya anda bertanya terlebih dahulu bagaimana kondisi air di Sungai Ciberang ini. Perjalanan menuju lokasi arung jeram Sungai Ciberang akan melewati jalan yang terjal dan berliku, oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakan bus dengan ukuran yang besar karena perjalanan anda bisa menjadi sebuah perjalanan yang menyeramkan!

 

Lokasi : Kp. Muhara Ds. Ciladaeun Kec. Lebakgedong Kab. Lebak Prov. Banten, Lebakgedong, Banten, Indonesia

 

(Baca Juga : 10 Tempat Wisata Kuliner Di Bogor Yang Wajib Untuk Anda Kunjungi)

 

8. Tanjung Lesung

 

Tanjung Lesung, Banten 589

via: http://www.indonesia.travel/assets/img/media/images/upload/poi/Tanjung%20Lesung,%20Banten%20589.jpg

Tanjung Lesung merupakan sebuah kawasan pantai yang eksklusif dan terawat di ujung barat Pulau Jawa, sekitar 180 KM dari kota Jakarta. Memiliki pantai yang masih asri dan bersih dengan pasir putihnya. Kegiatan yang dapat dilakukan di Tanjung Lesung ini seperti bermain pasir, menyelam, bermain olahraga air, memancing, serta menginap di villa yang yang memberikan nyaman dan tenang. Apabila anda datang pada musim penghujan, anda disarankan berhati-hati karena ombak di Tanjung Lesung akan menjadi lebih besar. Tanjung Lesung memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan fasilitas yang cukup lengkap.

 

Lokasi : Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten

 

9. Pantai Bagedur

 

Pantai Bagedur merupakan sebuah pantai di provinsi Banten yang berjarak sekitar 115 KM dari Rangkasbitung. Bagi anda yang bukan penduduk Banten, mungkin baru pertama kali mendengar nama Pantai Bagedur, karena memang Pantai Bagedur tidak begitu populer, namun bagi warga Banten, tempat ini sudah tidak asing lagi karena pantai ini masih asri. Dengan panjang pantai sekitar 10 KM, serta memiliki lebar sekitar 50 meter, dan pasir yang berwarna kecoklatan. Karakter pasir di pantai Bagedur ini bersifat padat, sehingga pasir pantai ini dapat dilewati oleh kendaraan bermotor.

 

Lokasi : Kecamatan Malingping, Banten

 

10. Pulau Umang

 

Pulau Umang berlokasi dekat dengan Tanjung Lesung, Banten, sekitar 180 KM dari Jakarta. Pulau Umang merupakan pulau dengan luas sekitar 5 hektar yang di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta. Fasilitas yang dimiliki Pulau Umang terbilang sangat lengkap, mulai dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan lain-lain. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk anda habiskan bersama keluarga anda disaat liburan tiba.

 

Lokasi : Desa Sumur, Pandeglang, Banten

 

Bagaimana menurut anda para traveler? apakah destinasi wisata alam di Banten ini cukup menarik untuk dikunjungi? Atau anda memiliki referensi lain. Silahkan berikan komentar

Hello Comment 4Sort by


user Anonim
2016/05/03 16:21

kalo sawarna mah ga heran.

emang bagus banget di sana airnya juga masih bening.

jadi pengen ke sana lagi

user Anonim
2016/05/03 16:20

wah itu pulau burung bagus banget ya viewnya.

airnya masih bening gitu. kirain pantai jawa udah butek semua airnya

user Anonim
2016/05/03 16:18

ternyata banyak banget ya tempat wisata yang deket dari jakarta.

pas banget buat liburan besok ni kayanya

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori