10 Tempat Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Semarang

Ini beberapa pilihan tempat yang ga boleh anda sekalian lewatkan apabila anda berkunjung ke Kota Semarang
0
10 Tempat Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Semarang
0 (0%) 0 votes
http://www.klikhotel.com/blog/wp-content/uploads/2015/01/Nasi-Gandul1.jpg

Kota Semarang merupakan salah satu kota dengan kemajuan yang sangat pesat, dikarenakan kota ini ibukota Provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dengan kebudayaan yang kuat serta berbagai macam tempat wisata kuliner yang enak.

 

Berikut ini ada 10 tempat wisata kuliner yang wajib untuk anda kunjungi apabila anda sedang berada atau berkunjung ke kota Semarang ini.

 

1. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar

 

Dari namanya saja anda akan terbayang menu lezat tempat wisata kuliner Semarang yang satu ini. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar membuktikan bahwa kuliner yang lezat tidak hanya hadir di restoran mewah, tetapi juga di warung tenda sekalipun anda dapat menemukan sajian kuliner dengan level kenikmatan yang sama. Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini berada di belakang Gereja Blenduk, kawasan Kota Tua, Semarang

 

Gulai kambing di tempat ini memang spesial. Kebanyakan gulai kambing akan dimasak dengan santan untuk mendapatkan kuah yang kental, tetapi Gulai Kambing Bustaman Pak sabar ini justru tidak menggunakan santan. Kelapa yang seharusnya dijadikan santan justru diparut, disangrai sampai kering dan ditumbuk hingga halus, kemudian dicampurkan dengan bumbu lainnya. Hasilnya sungguh menciptakan rasa yang luar biasa. Anda tidak akan mendapatkan kuah kental penuh lemak, melainkan kuah bening segar yang begitu lezat. Puncak kedatangan pengunjung biasanya ada pada saat jam makan siang pada saat ini anda harus rela berdesakan dengan pengunjung lainnya.

 

Alamat : Jl. Mentri Supeno, Mugassari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah
No Telpon: +6224 33190315
Jam Buka : Senin – Minggu : 8am – 4pm

 

2. Soto Bangkong

 

Soto memang memiliki banyak varian untuk disetiap daerah, termasuk di kota Semarang ini. Soto Bangkong ini sudah berdiri sejak tahun 1950an. Sebelumnya, soto dijajakan dengan cara dipikul berkeliling, sampai akhirnya menetap di tempat yang sekarang ini. Soto bangkong milik Pak Sholeh ini menjadi salah satu kuliner Semarang yang terkenal dan digemari oleh wisatawan yang datang berkunjung. Mengapa disebut Soto Bangkong? Dikarenakan saat dulu soto ini dijual di Jalan Brigjen Katamso yang masa itu masih bernama Jalan Bangkong. Itulah sebabnya soto ini dinamakan soto bangkong.

 

Kekhasan soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecoklatan karena diberi tambahan kecap. Sotonya sendiri berisi suwiran daging ayam, irisan tomat, bihun, toge, taburan bawang putih dan bawang merah. Soto bangkong ini dapat dinikmati bersama sepiring nasi panas dan juga pelengkap lainnya seperti sate daging ayam, sate kerang, sate telur puyuh, tempe, tahu, dan perkedel.

 

Alamat : Ruko Bangkong Plaza, Jl. Brigjen Katamso No. 1, Jawa Tengah
No Telpon: +6224 84212842
Jam Buka : Senin – Minggu : 6am – 10pm

 

3. Pesta Keboen

 

Rumah makan yang memiliki desain konsep tempo dulu ini sedang populer. Pesta Keboen mengusung konsep resto bernuansa klasik dan dalam perjalanannya tak butuh waktu lama untuk menarik minat para pecinta kuliner di kota Semarang. Dari desain bangunan Pesta Keboen menampilkan suasana vintage termasuk pada bagian interiornya. Restoran ini dibagi menjadi 2 area, yaitu indoor dan outdoor. Area indoor merupakan kawasan non-smoking, sedangkan area outdoor adalah kawasan bebas merokok. Di area outdoor ini, Anda dapat menikmati menu makanan sambil melihat pemandangan yang berada di luar restoran. Jika anda memilih bagian indoor, maka anda dapat menyaksikan koleksi benda-benda antik di sini sembari menunggu menu pesanan yang akan datang.

 

Pesta Keboen menyajikan menu khas kota Semarang dan menu tradisional Jawa Lainnya. Selain dengan menu makanan khas Jawa Pesta Keboen juga dilengkapi dengan wahana permainan bagi anak-anak. Pada hari tertentu, pengunjung resto ini akan disuguhkan dengan pertunjukan live music.

 

Alamat : Jl. Veteran 29, Semarang, Jawa Tengah
No Telpon: +6224 70297029
Jam Buka : Senin – Minggu : 10am – 10pm

 

(Baca Juga : 10 Tempat Kuliner Di Bogor Yang Wajib Untuk Anda Kunjungi)

 

4. Kampung Laut

 

Rumah Makan Kampung Laut merupakan salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang cukup lengkap. Selain sebagai rumah makan dengan aneka menu kuliner yang lezat, tempat ini juga menyediakan kolam pemancingan. Tak hanya itu, rumah makan ini juga tersedia arena khusus bermain bagi anak-anak. Terdapat sejumlah permainan, seperti ayunan, seluncuran, dan jungkat jungkit.

 

Rumah Makan Kampung Laut memiliki sejumlah sajian yang lezat untuk disantap, seperti olahan seafood, ayam, dan iga sapi. Di Rumah Makan Kampung Laut ini anda bisa mendapatkan sensasi bersantap dengan memilih tempat makan berupa saung-saung yang mengapung di kolam. Di saung-saung ini anda dapat menikmati pemandangan kolam dan suasana yang tenang dengan suara air sembari menikmati hidangan yang ada.

 

Alamat : Komplek Puri Maerokoco, PRPP, Semarang, Jawa Tengah
No Telpon: +6224 7617289
Jam Buka : Senin – Minggu : 11am – 11pm

 

5. Angkringan Gaul Ampiran 3

 

Angkringan Gaul Ampiran 3 ini didesain untuk segmen anak-anak muda. Seperti angkringan pada umumnya, Angkringan Gaul ini identik dengan sajian menu nasi kucing, sate, dan gorengan. Harga di tempat ini cukup terjangkau. Angkringan Gaul Ampiran 3 ini bukanlah angkringan biasa seperti yang sering anda temui. Salah satu tempat wisata kuliner di kota Semarang ini juga menyediakan akses Wi-Fi gratis bagi para pengunjungnya. Tak hanya itu, Angkringan Gaul Ampiran 3 ini juga menyajikan pertunjukan live music pada hari tertentu. Konsep inilah yang membuat tempat wisata kuliner yang satu ini tergolong jenis angkringan yang tak biasa.

 

Alamat : Jalan Durian Raya No. 29C, Semarang

 

6. Warung Asem-Asem Koh Liem

 

Tujuan wisata kuliner di kota Semarang yang cukup unik dapat anda temukan salah satunya di Warung Asem-Asem Koh Liem. Tempat makan yang satu ini memang menyajikan menu yang sederhana, tetapi kelezatannya tidak sesederhana yang anda bayangkan. Menu kuliner yang disajikan, misalnya Lontong Cap Gomeh, Kikil Lombok Ijo, Bandeng Sarden, dan lainnya. Ada satu menu andalan di tempat ini, yaitu asem-asem.

 

Kuliner asem-asem terbilang hampir mirip dengan Garang Asam, namun asem-asem menggunakan daging sapi yang dimasukkan dalam kuah asam manis segar. Asem-asem menggunakan campuran belimbing Wuluh dan ditambahkan dengan potongan tomat segar. Inilah yang membuat rasanya cenderung asam manis. Bila Anda sedang mencari tempat untuk bersantap siang di Semarang, maka Warung Makan Asem-asem Koh Liem dapat menjadi salah satu tempat yang patut untuk anda kunjungi.

 

Alamat : Jl. Karanganyar Blok C-4 No. 28, Semarang
No Telpon: +6224 3567474
Jam Buka : Senin – Minggu : 7am – 8pm

 

7. Bandeng Juwana Elrina (Pandanaran)

 

Bandeng presto merupakan jenis makanan yang dapat diperoleh di luar Kota Semarang. Akan tetapi bandeng presto (bandeng duri lunak) yang dijual di Bandeng Juwana Elrina ini menawarkan suguhan yang nikmat dan memiliki kekhasan tersendiri. Bandeng Juwana Elrina sudah cukup populer ditelinga banyak wisatawan, dan menjadi salah satu tempat wisata kuliner di Semarang yang cukup terkenal.

 

Bandeng Juwana Elrina (Pandanaran) ini menyediakan berbagai macam olahan bandeng, seperti sate bandeng, bakso bandeng, bandeng srani, gulai bandeng, tongseng bandeng, pepes bandeng, nasi bakar bandeng, nasi goreng bandeng, dan menu lainnya. Semuanya dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Alamat : Jalan Pandanaran No. 57, Randusari, Semarang Selatan, Kota Semarang, Jawa Tengah
No Telpon: +6224 8311488
Jam Buka : Senin – Minggu : 7am – 10pm

 

8. Lekker Paimo

 

Lekker merupakan salah satu kuliner Semarang yang sudah terkenal, dan lekker yang terkenal di Semarang ini adalah Lekker Paimo, sudah ada sejak 1978 di lapak kaki lima didepan SMA Kolose Loyola, Jalan Karanganyar Semarang. Yang lokasinya tidak jauh dari Rumah Sakit Telogorejo, Semarang.

 

Lekker Paimo ini disukai karena isiannya yang enak dan sambal pedasnya yang akan menggoyang lidah anda. Untuk isian lekker ini antara lain gula pasir, meses ataupun potongan buah pisang. Lekker paimo memiliki dua varian, yaitu tipis dan tebal. Untuk yang tipis ada rasa karamel dan coklat. Sedangkan yang tebal memiliki varian isi antara lain telur sosis keju, keju abon, jagung manis, hingga telur sosis tuna keju.

 

Jika anda pecinta kuliner yang tidak begitu suka dengan rasa pedas sebaiknya anda wanti-wanti sejak awal. Nikmati Lekker ini selagi hangat dan rasakan juga sedapnya irisan daun bawang yang ditabur dalam isian kue lekker tebal ini.
Kue lekker ini mungkin mirip dengan crepes yang banyak dijual mall-mall, yang terbuat dari campuran terigu, telor, gula dan air. Kue ini dibuat dengan piringan logam yang didesain khusus agar dapat diputar, lalu dimasak dengan api besar selama kurang dari 5 menit.

 

Alamat : Jalan Karang Anyar No. 37, Brumbungan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka : Senin – Minggu : 11am – 5pm

 

(Baca Juga : 10 Tempat Wisata Alam Di Malang Yang Keren Abis)

 

9. Tahu Gimbal

 

Tahu Gimbal adalah kuliner khas kota Semarang. Satu porsi dari Tahu Gimbal berisi lontong, tahu goreng iris, gimbal udang, irisan kol mentah, telur ceplok dan krupuk udang, kemudian disiram dengan bumbu kacang yang telah dicampur dengan petis udang. Setelah itu ditambahkan kecap secukupnya, dan taburan bawang merah goreng serta daun seledri. Ada juga yang menambahinya dengan toge rebus dalam penyajiannya. Saos kacang dibuat agak sedikit kasar sehingga rasa kacangnya masih terasa.

 

Gimbal identik dengan gembel, tetapi gimbal disini bukan tentang rambut gimbal atau gembel kok gimbal disini adalah udang yang digoreng dengan menggunakan tepung. Hampir mirip dengan bakwan, tetapi lebih tipis dan tentunya lebih lebar karena udangnya tidak hanya satu. Seperti rempeyek tetapi tidak setipis dan se-kriuk dengan rempeyek. Gimbal udang tersebut lah yang menjadi ciri khas dari Tahu Gimbal ini dan yang membedakan dengan makanan yang hampir sejenis, seperti kupat tahu ala Magelang misalnya dalam kupat tahu tidak terdapat gimbal udang.

 

Kuliner Semarang yang satu ini dapat dengan mudah dijumpai, karena hampir disetiap jengkal tanah di Semarang banyak yang menjual Tahu Gimbal. Apabila anda bingung mau makan dimana? anda dapat mencoba untuk mampir ke tempat makan yang satu ini. Walaupun dipinggir jalan tetapi tempat ini sering disinggahi dan saat akan sangat ramai saat jam makan siang. Sambil makan tahu gimbal anda bisa menikmati semilir angin yang berhembus. Di sekitar taman KB ada beberapa pilihan tempat makan, salah satunya Tahu Gimbal Pak Edi. Selain menjual Tahu Gimbal disini juga tersedia es campur. Bila sedang musim durian, es campur ini dapat ditambahi dengan durian.

 

Alamat : Jl. Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka : Senin – Minggu : 11am – 9pm
Range Harga: Rp 12.000

 

10. Lumpia Gang Lombok

 

Kuliner ini merupakan sebagai kuliner khas peranakan China yang telah melekat kuat sebagai panganan khas dari kota Semarang. Ada banyak sekali tempat wisata kuliner untuk lumpia Semarang yang satu ini, Lumpia Gang Lombok merupakan salah satu warung lumpia tertua yang ada di kota Semarang ini. Warungnya terletak di dekat Klenteng Tay Kak Sie, sekitaran Pasar Johar Semarang.

 

Lumpia di tempat ini ada yang basah ada juga yang goreng, anda dapat memilih yang sesuai dengan selera anda. Kenapa banyak orang yang menyukai lumpia ini, alasannya karena lumpia memiliki rasa yang enak dan cocok untuk dijadikan cemilan saat anda sedang berkumpul bersama sahabat ataupun keluarga anda, kulit lumpia yang terasa lembut dengan isian yang padat. Paduan rebung muda, udang dan telor terasa pas dan tidak berbau amis, akan sangat nikmat apabila dinikmati bersama saus dan daun bawang segar. Satu lumpia dibandrol Rp 10 ribu. Tergolong mahal tapi juara dalam rasa.

 

Kuliner Semarang yang satu ini biasanya juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas kota Semarang saat pengunjung hendak pulang kembali ke daerah asal, dan biasanya akan dikemas dalam kemasan yang bergaya ‘jadul’, yang berisi sekitar 10 lumpia. Bagi anda yang akan melakukan perjalanan luar kota, sebaiknya membawa lumpia basah yang nantinya bisa digoreng sendiri. Sebab lumpia basah tanpa pengawet ini hanya akan dalam 3 hari.

 

Alamat : Gg. Lombok No.11, Purwodinatan, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah
Jam Buka : Senin – Minggu : 8am – 5pm
Range Harga: Rp 10.000,-

 

Semarang memang sudah terkenal memiliki banyak sekali tempat wisata kuliner yang sangat menarik bagi anda para travelers, dengan memiliki cita rasa yang lezat dan khas.

Hello Comment 4Sort by


user Anonim
2016/05/03 16:12

wah kalo ke semarang mah ingetnya sama angkringannya.

itu bikin kangen jadi pengen pulang ke semarang

user Anonim
2016/05/03 16:03

duh ini bikin jadi kelaperan sore-sore gini.

enak-enak bener kayanya yaaaa hadeh

user Anonim
2016/04/25 08:35

Bikin mupeng pengen nyobain ????????

Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori