10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi

Berikut ini merupakan 10 Tempat Wisata Yang Berada Di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan indah yang wajib anda kunjungi. Check it out guys!
0
10 Tempat Wisata Di Jawa Tengah Yang Wajib Dikunjungi
0 (0%) 0 votes
http://2.bp.blogspot.com/-jj35ZhcoHtQ/UBUoPIDHJ3I/AAAAAAAABCY/V_R_m0FlVDg/s1600/333459_3525896789735_592179757_o.jpg

Jawa Tengah merupakan sebuah provinsi Indonesia yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dengan ibu kotanya Semarang. Masing-masing kabupaten dan Kota di Jawa Tengah ini memiliki objek wisata yang memiliki ciri khas serta keindahan tersendiri. Berikut ini merupakan 10 Tempat Wisata Yang Berada Di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan indah yang wajib untuk anda kunjungi.

 

1. Grojogan Sewu

 

Wisata Grojogan Sewu (atau Air Terjun Seribu) merupakan wisata alam air terjun, yang terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dengan ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan air laut, Grojogan Sewu memiliki hawa yang sejuk serta berada di hutan yang masih asri dan alami yang ditumbuhi pepohonan. Berwisata ke Grojogan Sewu tidak sepenuhnya menikmati keindahan air terjun serta hawa dinginnya pegunungan, sebagai alternatif wisata anda dapat berbelanja sayur ataupun buah-buahan ciri khas pegunungan di tempat ini. Di sekitar pintu masuk tersedia tempat penyewaan kuda yang dapat anda gunakan untuk berkeliling dengan biaya Rp. 15.000 untuk sekali putaran.

 

Grojogan Sewu memiliki arti Air Terjun Seribu namun bukan berarti di kawasan ini terdapat seribu air terjun, tetapi ada beberapa titik air terjun untuk anda nikmati. Air terjun tertingi sekitar 80 meter, terdapat pula air terjun yang tidak terlalu tinggi dengan pancuran yang meluas dan membentuk cabang-cabang.

 

Lokasi : Tawangmangu, Kec. Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia
Akses: Akses menuju tempat ini cukup mudah meski harus melalui jalan yang curam. Dari terminal Tawangmangu di lanjutkan dengan naik angkot sekitar 800 meter, sedangkan jarak antara pintu masuk dengan jalan raya utama hanya sekitar 200 meter.
Tiket Masuk : Rp 6.000, terdapat dua loket pintu masuk
Fasilitas : Di kawasan ini menyediakan fasilitas kolam renang bagi orang dewasa maupun anak-anak, serta warung yang menjual makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Terdapat kuliner khas di tempat ini yaitu sate kelinci. Dan juga tersedia beberapa penginapan untuk tempat bermalam anda.

 

2. Candi Borobudur

 

Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang memiliki sejarah umat Budha yang berlokasi di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini merupakan salah satu peninggalan tertua yang diakui sebagai salah satu keajaiban dunia. Candi ini merupakan candi Budha yang terbesar di dunia sekaligus sebagai monumen umat Budha terbesar yang pernah ada. Candi Borobudur ini didirikan sekitar tahun 800-an pada saat masa pemerintahan Syailendra. Selain sebagai objek wisata di Indonesia, umat Budha juga masih melakukan ritual suci keagamaan di tempat ini terutama saat merayakan hari besar agama Budha seperti hari raya Waisak. Biksu-biksu akan datang untuk melakukan upacara keagamaan. Para pengunjung yang datang pun dapat melihat ritual suci keagamaan tersebut.

 

Biasanya pengunjung yang datang ke Candi Borobudur ini mengambil kesempatan dalam mengabadikan berbagai peninggalan bersejarah seperti patung dan monumen-monumen Budha. Monumen candi ini sendiri terdiri dari enam teras yang memiliki bentuk seperti bujur sangkar. Di sekitar candi, pengunjung dapat melihat ukiran-ukiran serta relief cantik yang indah dan menyimpan berbagai macam cerita. Banyak pengunjung terutama wisatawan asing yang ingin mengetahui kisah-kisah atau makna relief serta ukiran yang ada di dinding candi biasanya mereka menyewa pemandu wisata.

 

Apabila anda berkunjung ke candi Borobudur saat libur lebaran maka anda dapat menikmati suguhan kesenian tradisional seperti tari-tarian. Hal ini dilakukan oleh masyarakat atau penduduk sekitar candi dalam melestarikan budaya mereka ke seluruh dunia. Saat pulang wisatawan juga dapat membeli berbagai macam souvenir serta pernak pernik seperti miniatur patung Budha dan candi Borobudur yang dijual di sekitaran candi. Di dekat candi juga terdapat warung-warung dan tenda makanan sehingga bagi wisatawan yang sudah lelah berjalan dapat menikmati masakan khas daerah Jawa Tengah.

 

Lokasi : Borobudur, Magelang, Jawa Tengah
Akses: Lokasi candi dapat di tempuh melalui kota Yogyakarta. Anda dapat menuju Muntilan lalu belok ke arah kiri tepat pada pertigaan Muntilan Borobudur. Candi Borobudur ini berjarak sekitar 60 km, dan dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 1 jam perjalanan.
Tiket Masuk : WNI : Rp 30.000,-
WNA : 20 USD

 

3. Dataran Tinggi Dieng

 

Dataran tinggi dieng sejatinya merupakan kaldera raksasa dari gunung berapi yang masih aktif, sehingga tidak aneh jika di dataran tinggi Dieng banyak terdapat kawah-kawah yang masih menyemburkan belerang. Ketinggian rata-rata daerah ini lebih dari 2000 meter di atas permukaan laut, suhunya sangat dingin, bahkan di musim kemarau sekitar bulan Juli dan Agustus suhu udara dapat mencapai 0 derajat celcius sehingga menimbulkan es yang menempel di tanaman ladang penduduk, masyarakat setempat menyebutnya sebagai “bun upas” atau embun yang beracun, karena biasanya tanaman menjadi rusak karena membeku.

 

Terletak di kawasan Wonosobo dan Banjarnegara, sekitar 180 Km dari kota Yogyakarta, kawasan Dieng bisa dikatakan cukup jauh untuk dapat dijangkau dengan mudah oleh wisatawan, namun keindahan alamnya serta daya tarik wisata yang ada seolah tidak menjadikan penghalang bagi wisatawan baik lokal maupun internasional untuk mengunjungi kawasan ini. Kebanyakan wisatawan datang dari kota Yogyakarta, mungkin karena kota Jogja merupakan kota terdekat yang bisa dijangkau melalui penerbangan baik domestik maupun mancanegara, walaupun wisatawan masih harus menempuh jarak lebih dari 150 Km melalui perjalanan darat. Bagaimana menuju Dieng dari Yogyakarta dapat dibaca pada artikel berikut.

 

Terdapat beberapa objek wisata yang dapat anda kunjungi selama berwisata ke Dataran Tinggi Dieng, di antaranya ialah beberapa kawah, danau telaga warna dan beberapa candi peninggalan masa lampau. Anda dapat juga melihat sunrise yang indah dengan mendaki gunung Sikunir kurang lebih selama 45 menit. Jangan lupa untuk menyiapkan jaket tebal karena suhu di tempat ini cukup dingin. Selain keindahan alamnya, anda juga dapat mencoba untuk menikmati makanan khas daerah ini, yakni Mie Ongklok. Anda dapat membeli manisan buah Carica sebagai oleh-oleh dari tempat ini.

 

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah
Akses: Akses menuju tempat wisata ini dari Wonosobo menuju Dieng, mintalah untuk diturunkan di daerah Kauman. Dari tempat ini anda dapat menggunakan mini bus menuju Dieng tanpa harus lama-lama menunggu bus apabila anda menaikkinya dari terminal. Perjalanan dari Wonosobo menuju Dieng ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam.

 

(Baca Juga : 10 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Semarang)

 

4. Karimunjawa

 

Berjarak sekitar 83 km ke arah barat laut dari Jepara, Karimunjawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi yang juga disebut sebagai Taman Nasional Karimunjawa. Karimunjawa merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Indonesia. Karimunjawa selalu ramai dengan kunjungan wisatawan baik wisatawan dalam negri maupun luar negri. Karakteristik seluruh pantainya memiliki hamparan pasir putih dengan garis pantai yang panjang. Oleh karenanya, berjemur di tepian pantai adalah salah satu kegiatan yang amat disukai banyak wisatawan di tempat ini.

 

Selain itu, olahraga air seperti menyelam, snorkeling, memancing, berenang, atau menjelajahi laut yang jernih adalah beberapa pilihan yang menarik lainnya di Karimunjawa. Keunikan budaya serta tradisi penduduk lokal di sana merupakan objek interaksi sosial yang menarik selama kunjungan wisata Anda.

 

Keindahan dari Karimunjawa memang sangat mempesona disamping itu ada beberapa wahana yang akan membuat betah Anda berlama – lama di Karimunjawa. disini Anda dapat melakukan kegiatan – kegiatan yang banyak berhubungan dengan laut, diantaranya adalah sebagai berikut : Olah Raga Selam, Snorkeling, Mandi di Pantai dan Berjemur, Maemancing, Glass Bottom Boat, Bermain Jetski dan Banana Boat, Mengelilingi Pulau serta Melihat Satwa Darat. Sebagai oleh – oleh anda dapat membawa Gereh Iwak Teri yang merupakan buah tangan khas dari Karimunjawa.

 

Lokasi : Kabupaten Jepara, Jawa Tengah
Akses: Bila anda dari bertolak dari kota Semarang maka ada dua pilihan alternatif perjalanan yaitu dengan menggunakan jalur udara dan juga jalur perjalanan laut. Apabila Anda memilih menggunakan jalur perjalanan udara, perjalanan akan dilanjutkan ke Bandar Udara Dewa Daru di Pulau Kemujan dengan menggunakan pesawat jenis CASSA 212 dengan waktu perjalanan 30 menit. Pesawat ini memang disediakan oleh salah satu pengelola resort di Karimunjawa (Kura–Kura Resort). kemudian apabila Anda memilih menggunakan jalur transportasi laut, dari Semarang perjalanan Anda akan dilanjutkan menuju pelabuhan Tanjung Mas – Semarang, dari sini Anda dapat menaiki kapal KMC Kartini menuju ke Karimunjawa dengan waktu perjalanan kurang lebih 4 jam. Selain dari semarang, anda dapat menggunakan jalur dari Jepara melalui pelabuhan Kartini di Jepara. Dari sini transportasi yang bisa digunakan adalah KM. Muria dengan lama perjalanan kurang lebih 5 jam.

 

5. Candi Prambanan

 

Selain candi Borobudur yang megah, juga ada candi prambanan yang tidak kalah eksotis dan ajaibnya. Candi ini menjadi ikon wisata Jawa Tengah yang wajib anda kunjungi. Uniknya tempat wisata ini selain karena tempatnya yang luas, candi ini berada di beberapa daerah administrasi Kabupaten Klaten dan Provinsi Yogyakarta. Jadi banyak orang yang mengatakan bahwa candi yang sangat mendunia ini juga sebagai tempat wisata di Klaten.

 

Candi Prambanan terkenal dengan cerita legendanya yaitu Roro Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Konon menurut legenda yang tersebar luas di masyarakat bahwa candi yang keseribu di Candi Prambanan tersebut merupakan sosok Roro Jonggrang yang dikutuk oleh Bandung Bondowoso.

 

Lokasi : Desa Tlogo, Kecamatan Prambanan, Klaten Jawa Tengah
Akses: Candi ini berada sekitar 17 Km Timur Laut Yogyakarta, 50 Km Barat Daya Surakarta, dan 120 selatan Semarang, persis di perbatasan antara propinsi DI Yogyakarta dan Jawa Tengah.

 

6. Ketep Pass

 

Di tempat wisata ini anda dapat menikmati pemandangan gunung dan bukit yang begitu indahnya. Dari Ketep Pass, Anda dapat secara langsung menyaksikan luncuran awan panas gunung Merapi. Ketep Pass memiliki sejumlah fasilitas wisata yang menarik, di antaranya Museum Vulkanologi, Bioskop Mini, Teropong, Gardu Pandang, dan Pelataran Panca Arga.

 

Spot paling populer di tempat wisata Ketep Pass ini adalah Gardu Pandang. Ada 2 buah teropong di Ketep Pass, yakni di Gardu Pandang dan Pelataran Panca Arga. Dari Pelataran Panca Arga anda dapat menyaksikan lima gunung sekaligus, yakni Merapi, Merbabu, Sindoro, Slamet, dan Sumbing.

 

Lokasi : Jl. Blabak Boyolali Km No.16, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
No Telpon: +62 293 5527930
Tiket Masuk : Rp 7.500 per orang

 

(Baca Juga : 10 Tempat Wisata Kuliner Yang Wajib Dikunjungi Di Kota Semarang)

 

7. Arung Jeram Sungai Progo

 

Inilah tempat berarung jeram yang cukup populer di Jawa Tengah. Dengan aliran sungai sepanjang 12 kilometer, kegiatan rafting di Sungai Progo Atas akan memakan durasi waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam. Arung jeram sungai Progo terdiri dari sejumlah rute, yakni arung jeram sungai Progo Hulu, arung jeram sungai Progo Atas, dan arung jeram Sungai Progo Bawah. Sungai Progo Hulu dan sungai Progo Atas berada di wilayah Magelang, sementara Sungai Progo Bawah berada di kabupaten Kulon Progo, Jogjakarta.

 

Lokasi : Perumahan Griya Tok Songo Kota Magelang, Jawa Tengah
Akses: Untuk jarak tempuh bila anda dari kota Jogjakarta adalah sekitar 50 menit
Jadwal Rafting : Pagi : 08.00 – 09.00 – 10.00 Siang : 12.00 – 13.00 Sore : 15.00

 

8. Baturaden

 

Terletak di lereng arah selatan Gunung Slamet, salah satu tempat wisata di Jawa Tengah yang terkenal ini memiliki pemandangan alam yang indah dengan hawa udara yang sejuk. Di kawasan wisata ini pula, anda dapat melihat kota Purwokerto, Pulau Nusa Kambangan, serta sejumlah pantai berpanorama indah yang ada di Cilacap. Salah satu yang terkenal dari Baturaden adalah pemandian air panasnya yaitu Pancuran Pitu.

 

Tempat wisata di Banyumas ini merupakan destinasi yang cocok untuk wisata keluarga yang patut anda kunjungi. Di sini anda dapat berekreasi di Wana Wisata Baturaden, sebuah hutan alam nan hijau yang sangat tepat untuk dijadikan tempat berkemah bersama keluarga atau teman-teman Anda. Masih ada juga Taman Kaloka Widya Mandala, sebuah kebun binatang di Baturaden serta memiliki museum untuk menyimpan kerangka satwa khas Indonesia.

 

Lokasi : Desa Kemutuk Lor, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas
Akses: Lokasi ini berada sekitar 14 Km dari Kota Purwokerto.

 

9. Umbul Ponggok

 

Pespa-Umbul-Ponggok

via: http://metravel.website/wp-content/uploads/2015/11/Pespa-Umbul-Ponggok.jpg

Daerah Klaten Jaw Tengah memiliki salah satu tempat wisata yang unik dan menarik untuk anda kunjungi, yaitu Umbul Ponggok. Disini anda dapat menyelam di laut dan melihat ikan-ikan didasar lautnya mungkin sudah biasa. Tetapi anda juga dapat menyelam sambil bergaya menonton televisi ataupun bermain video game. Jadi menyelam di Umbul Ponggok ini bukan menyelam dilaut lepas melainkan menyelam disebuah kolam renang yang berbentuk raksasa. Jadi kolam renang ini didekorasi sedemikian rupa seperti diletakkan bebatuan yang mirip dengan batu karang dan ikan-ikan bermacam bentuk dan warna sehingga terlihat mirip sekali seperti dengan dasar lautan.

 

Lokasi : Jl. Delanggu – Cokro, Klaten, Jawa Tengah,
Akses: Dari Yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.
Tiket Masuk : Rp 5000 / orang
No Telpon : +62 821-3896-9300
Jam Buka : Senin – Minggu : 07.00 – 17.00

 

10. Goa Petruk

 

Goa Petruk yang berada di atas bukit kapur setinggi 75 meter ini, memiliki pesona yang sangat indah karena kondisi alaminya yang belum tersentuh campur tangan pengelola. Goa ini memiliki panjang hingga 2000 meter dan dapat ditelusuri hingga 350 meter. Dalam goa ini terdapat tiga tingkatan lantai goa yaitu lantai satu, dua, dan tiga. Tetesan air kapur yang berjatuhan dari stalaktit goa menambah sejuk suasana. Bentuk stalaktit dan stalagmit goa Petruk ini membentuk ornamen-ornamen yang unik. Di dalam goa ini juga terdapat sendang dan air terjun. Anda dapat berkeliling gua ini dengan ditemani seorang pemandu. Seorang ahli goa, yang bernama Dr Koo, menyatakan bahwa Goa Petruk merupakan goa terindah di Indonesia.

 

Lokasi : Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah
Akses: Goa ini berada sekitar 4,5 km dari Jatijajar menuju ke arah selatan.

 

Nah itulah tadi 10 Tempat Wisata Yang Berada Di Jawa Tengah yang memiliki pemandangan indah yang wajib anda kunjungi dan mungkin masih banyak berbagai tempat wisata yang menawan lainnya di daerah Jawa Tengah ini. Semoga keberadaan tempat wisata kali ini menjadi referensi bagi anda para traveler yang akan berencana menikmati liburan ke daerah Jawa Tengah.

Hello Comment 1Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori