10 Film Dokumenter Pendek Top 2015!

0
10 Film Dokumenter Pendek Top 2015!
0 (0%) 0 votes
9The-Square

Film dokumenter pendek biasanya populer dibandingkan dengan film-film pendek lainnya. Apalagi, film ini mengungkapkan sejarah serta kejadian-kejadian yang mungkin tak pernah kamu duga sebelumnya. Sehingga, film ini membuat banyak orang penasaran.

 

All Article Source & Pictures are from:
http://www.ibest9.com/top-10-famous-short-documentary-films/

10. The Internet’s Own Boy : The Story of Aaron Swartz

10The-Internets-Own-Boy

 

Ini adalah sebuah dokumenter pendek yang menceritakan Aaron Swartz, seorang lelaki berusia 26 tahun asal Amerika yang sangat ahli menggunakan komputer, namun ditemukan meninggal di apartemennya di Brooklyn. Terdapat sebuah catatan misterius yang mengungkapkan bahwa dia bunuh diri. Padahal, sebelumnya dia adalah seorang aktivis yang aktif untuk membahas soal-soal politik serta memajukan ilmu pengetahuan. Namun, karena aksinya tersebut, dia ditangkap oleh pemerintah dan mungkin saja alasan bunuh dirinya adalah karena hal tersebut.

9. The Square

 

9The-Square

 

Sebuah film dokumenter aksi yang mengangkat tema revolusi Mesir pada tahun 2011. Jehane Noujaim adalah direktur sekaligus produser dari film tersebut. Meskipun dokumenter ini berbahasa Arab, namun terdapat teks terjemahan dalam Bahasa Inggris. Film dokumenter ini juga memperoleh tanggapan positif dari masyarakat.

8. Dirty Wars

 

Amerika memang sangat aktif terlibat dalam peperangan. Dirty Wars ini adalah film dokumenter yang ingin mengupas cerita sebenarnya mengapa Amerika terlibat begitu banyak perang, melalui seorang jurnalis bernama Jeremy Scahill. Disini, kamu akan melihat begitu banyak sejarah Amerika, serta bagaimana agen CIA, Special Force, dan lainnya saat mereka di interview.

 

7. Cutie and the Boxer

 

Diproduksi oleh Zachary Heinzerling, ini adalah sebuah film dokumenter tentang pernikahan Ushio Shinohara bersama dengan Noriko Shinohara selama 40 tahun. Mengenai masalah yang mereka hadapi, pengorbanan, dan berbagai macam hal lainnya dalam hubungan mereka tersebut. Diluncurkan pada tahun 2013, film ini telah masuk dalam berbagai teater internasional dan memenangkan banyak penghargaan.

 

6. Facing Fear

 

Film dokumenter selama 23 menit ini diproduseri oleh Jason Cohen. Menceritakan tentang Matthew Boger, seorang gay yang baru saja berusia 13 tahun dan diolok-olok oleh lingkungannya. Matthew ajaibnya berhasil selamat dari serangan Neo – Nazi dan 25 tahun kemudian bertemu dengan penyerangnya, namun keduanya menjadi teman baik untuk selamanya. Film ini memenangkan banyak sekali penghargaan.

 

5. Cavedigger

 

Ini adalah film dokumenter yang terkenal didunia. Dirilis pada tahun 2013, ini adalah sebuah cerita tentang Ra Paulette serta guanya di New Mexico. Meskipun projeknya dinilai terlalu ambisius, namun Ra Paulette terus berjuang selama 10 tahun untuk mewujudkannya.

 

4. Song from the Forest

 

Diadaptasi dari buku Louis Sarno, film dokumenter ini berlokasi di 2 daerah, yaitu hutan di Afrika serta kota New York. Setelah mendengarkan lagu yang menginspirasi dari Afrika, dia mulai perjalanan menuju ke Afrika dan akhirnya menemukan inspirasinya, yaitu suku Bayaka. Disini, Sarno menghabiskan 25 tahun hidupnya untuk merekam lebih dari 1000 jam lagu-lagu inspirasi tersebut. Film ini memenangkan banyak penghargaan karena memang begitu bagus dan cukup menyentuh.

 

3. Twenty Feet from Stardom

 

Ini merupakan film dokumenter yang menceritakan penyanyi di balik layar yang mendukung para penyanyi-penyanyi terkenal dunia sepanjang aksinya. Disini, Morgan Neville menekankan bahwa para penyanyi di balik layar ini benar-benar berkontribusi besar terhadap kesuksesan penyanyi dunia seperti Jo Lawry, Tata Vega, dan banyak lainnya.

 

2. The Act of Killing

 

Ini adalah dokumenter yang direkam di Indonesia. Diperlihatkan bagaimana penduduk memikirkan bahwa pemimpin-pemimpin kelompok adalah seorang pahlawan dan bagaimana mereka mendukung masyarakat untuk mempraktekkan aksi pembunuhan dengan cara mempelajari gerakannya dari film. Film dokumenter ini salah satu yang paling populer di tahun 2014 dan memenangkan banyak penghargaan.

 

1. The Lady in Number 6

 

Ini adalah sebuah kisah nyata yang memenangkan piala Oscar pada tahun 2014. Malcolm Clake menekankan pada seorang yang selamat yaitu Alice Herz-Summer, yang menjelaskan bagaimana kehidupannya yang jatuh bangun dan bagaimana kamu bisa memilih kesenangan, musik, dan segala hal positif lainnya untuk menempuh dan melanjutkan hidup.

 

Hello Comment 0Sort by


Ayo kemukakan pendapatmu

Topik yang berkaitan dengan artikel ini

Daftar Kategori